Breaking News:

Habib Rizieq Pulang

Dua Kapolda Dicopot karena Habib Rizieq Shihab, Ridwan Kamil Minta Tokoh Berpengaruh Menahan Diri

Dua Kapolda Dicopot karena Habib Rizieq Shihab, Ridwan Kamil Minta Tokoh Berpengaruh Menahan Diri. Simak Selengkapnya

Wartakotalive.com/Vini Rizki Amelia
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menyerahkan bantuan dari Provinsi Jabar ke Pemkot Depok di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Depok, Senin (2/3/2020) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Keputusan Kapolri Jenderal Idham Azis terkait pencopotan dua Kapolda, yakni Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi mengejutkan banyak pihak.

Tidak terkecuali Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menegaskan keputusan tersebut tidak semudah yang dibayangkan.

Apalagi pencopotan tersebut dipicu adanya dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam sejumlah kegiatan yang dihadiri Habib Rizieq Shihab.

"Definisi ketegasan juga tidak sesederhana yang kita bayangkan," kata Emil dikutip dari Kompas.com pada Selasa (17/11/2020).   

Baca juga: Aoki Vera Serang Habib Rizieq Lagi, Mulai dari Dibayar Menyebar Fitnah hingga Singgung Firza Husein

"Karena ketegasan bertemu dengan massa yang banyak, itu sering kali terjadi bentrokan seperti halnya demo ya waktu kemarin yang berakhir dengan destruktif juga," paparnya.

"Jadi mungkin ada pertimbangan humanis yang dilakukan oleh kepolisian Jawa Barat dalam mengambil penanganan itu," ungkap Emil. 

Oleh karena itu, Emil pun mengimbau semua pihak ataupun tokoh berpengaruh agar bisa mengendalikan diri dan menaati protokol kesehatan.

Baca juga: Pemufakatan Jahat Aoki Vera Terbongkar, Serang Anies dan Habib Rizieq hingga Singgung Jusuf Kalla

"Terkait dinamika selama Covid-19 memang saya mengimbau semua pihak dan tokoh yang punya pengaruh untuk bisa mengendalikan dari dirinya dulu. Karena kalau sudah follower-nya atau kelompoknya berkumpul, itu lebih susah dikendalikan," jelasnya.

Baca juga: Gus Miftah Ingatkan Pesan KH Maimun Zubair, Warga Nahdlatul Ulama Tidak Boleh Benci Habib

Seperti diketahui, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya karena dinilai lalai dalam menegakkan protokol kesehatan (prokes).

Halaman
12
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved