Sport

Menpora Zainudin Amali Sebut Indonesia Butuh Grand Desain Keolahragaan Nasional

Menpora Zainudin Amali membuka acara Uji Publik Grand Desain Keolahragaan di JW Marriott Hotel, Medan, Sumatera Utara, Kamis (12/11/2020).

Penulis: Abdul Majid | Editor: Sigit Nugroho
istimewa
Menpora Zainudin Amali turut menyaksikan Memorandum of Understanding (MoU) pemberian bantuan dana pelatnas dan pembinaan jangka panjang kepada cabor renang (PRSI) dan pencak silat (IPSI) di Kemenpora, Senin (12/10/2020). 

Pada kesempatan itu, Zainudin mengataan bahwa grand desain olahraga Indonesia akan berdampak baik bagi prestasi olahraga Indonesia ke depannya.

“Kalau tidak punya grand desain keolahragaan nasional, jangan harap prestasi ataupun ekspektasi. Oleh karena itu, ketika dilantik sebagai Menpora RI, saya mengajak stakeholder, pihak-pihak, dan mitra terkait untuk membuat grand desain keolahragaan nasional serta road mapnya. Ini penting untuk prestasi,” kata Zainudin dikutip dari Trbunnews.com.

Menurut Zainudin, prestasi olahraga di beberapa cabang olahraga sudah baik.

Tetapi, atlet pelapis dinilai belum bisa bersaing dengan seniornya.

Untuk itu, pembinaan atlet usia dini sangat perlu disiapkan demi prestasi di masa mendatang.

"Niat baik ini dapat dukungan dari Komisi X DPR RI. Saya sampaikan saat raker dan setuju. Kemudian, kami susun dan melibatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, stakeholder olahraga, dan lainnya," ujar Zainudin.

"Selama ini, ada prestasi atlet bagus dan hebat, tetapi tidak ada pelapis. Untuk itu, kami persiapkan atlet-atlet sejak dini untuk pertandingan yang akan datang,” ucap Zainudin.

Zainudin menerangkan, grand desain keolahragaan nasional juga menjadi panduan untuk tujuan meraih prestasi.

Saat ini, pemerintah terus memersiapkan diri, agar bisa menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Sementra itu, Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, menyambut baik uji publik grand desain keolahragaan nasional.

Edy mengucapkan terima kasih kepada Zainudin yang sudah memercayakan Medan sebagai tempat digelarnya acara itu.

“Ini sangat baik untuk keolahragaan nasional, khususnya Sumatera Utara. Saat ini, kami sedang siapkan Sport Centre diatas tanah seluas 300 hektar," kata Edy.

"Kami siapkan untuk fasilitas olahraga, baik nasional maupun internasional. Ground breaking sudah dilakukan. Kami mohon dukungan dari Pak Menpora dan kami yakin ini berhasil,” ucap Edy.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved