Breaking News:

Pilkada Karawang

Jangan Asal Mencoblos, Pemilih Pemula Mesti Kenali Dulu Para Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karawang

bisa pro aktif mengamati dan mengenali paslon dan berkontribusi datang ke TPS dan mengajak masyarakat ke TPS, tolak politik uang dan hindari Golput

Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
3 pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karawang mendatangi KPU Karawang untuk mengetahui hasil test kesehatan dan hasil verifikasi berkas pencalonan. Senin (14/9). 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG --- Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang berharap kepada setiap pemilih pemula dapat mengenal betul siapa saja pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Karawang Tahun 2020.

"Kenali pasangan calon dengan cara membaca visi misinya di media sosial KPU Karawang atau mengecek dari media sosial para paslonnya," ungkap Komisioner KPU Kabupaten Karawang, Ikmal Maulana, Rabu (11/11/2020).

Selain itu, Ikmal mengajak kepada pemilih pemula untuk bisa menyampaikan informasi yang didapat dari KPU Karawang perihal Pilkada Karawang 2020 kepada sahabat, keluarga, teman.

Kususnya waktu pemilihan yaitu hari Rabu tanggal 9 Desember 2020 agar menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya.

"Ya kita harapkan mereka bisa pro aktif mengamati dan mengenali paslon dan berkontribusi datang ke TPS dan mengajak masyarakat ke datang TPS, tolak politik uang dan hindari Golput," ucapnya.

Untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih pemula, KPU Karawang melibatkan sejumlah guru PPKn di Kabupaten Karawang untuk memaparkan informasi mengenai pemilihan umum (Pemilu) bagi pemilih pemuda di Pilkada Karawang 2020.

Ikmal Maulana mengatakan lantaran masih di tengah situasi pandemi Covid- 19, maka sosialisasi dilakukan oleh para guru PPKn secara virtual.

"Kami memang libatkan guru-guru PPKn dalam sosialisasi pemilih pemula," kata Ikmal.

Dikatakan Ikmal, dilibatkannya Guru PPKn dalam sosialisasi pemilih pada pemilih pemula karena pelajaran PPKn berhubungan langsung dengan pelajaran pendidikan Demokrasi.

Sehingga nanti dalam sosialisasi itu guru-guru sebagai pendidik untuk dapat mengedukasikan pentingnya menggunakan hak pilih kepada para muridnya sebagai pemilih pemula.

"Nanti para guru bisa menyampaikan ke anak didiknya. Tapi ada juga kita adakan zoom meeting di undang oleh Gurunya dan siswanya hadir dalam sosialisasi itu," katanya.

Data dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang di rilis KPU Kabupaten Karawang, setidaknya ada sebanyak 157.699 orang dalam kategori pemilih berusia 17 tahun hingga 21 tahun, atau 9,60 persen dari total DPT yang berjumlah 1.643.490 DPT.

Ikmal mengaku menargetkan sebanyak-banyaknya pemilih pemula yang ikut mensukseskan Pilkada Karawang 2020 ini. Maka, hingga saat ini KPU pun gencar mensosialisasikan Pilkada ini.

"Kalau target sih kita secara keseluruhan ya bukan kelompok usia. Yaitu kalau secara nasional 77,5 persen. Tapi kalau usia tentu kami ingin sebanyak banyaknya," ujarnya.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved