Andri : Manfaat Pelayanan Program JKN Dirasakan Seluruh Lapisan Masyarakat

Konsep gotong royong yang diimplementasikan pada Program JKN sangat bermanfaat, saat sehat iuran yang dibayarkan bisa menjadi sedekah untuk orang lain

Editor: Lucky Oktaviano
Istimewa/BPJS Kesehatan
Andri Taufik (43), peserta JKN-KIS segmen Peserta Penerima Upah (PPU), saat ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, Selasa (27/10). Dia mengapresiasi program ini karena menurutnya Program JKN-KIS memberikan banyak manfaat dan kemudahan pengobatan bagi seluruh lapisan masyarakat. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG – Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak hanya dirasakan warga kurang mampu, namun seluruh lapisan masyarakat.

Konsep gotong royong yang diimplementasikan pada Program JKN sangat bermanfaat, saat sehat iuran yang dibayarkan dapat menjadi sedekah untuk orang lain.

Andri Taufik (43) yang merupakan peserta JKN-KIS segmen Peserta Penerima Upah (PPU) mengapresiasi program ini karena menurutnya Program JKN-KIS memberikan banyak manfaat.

Selain itu juga ada kemudahan pengobatan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Sebagai Pegawa Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Agama, dirinya mengaku rutin membayar iuran setiap bulan.

Dia turut andil membantu pelayanan kesehatan untuk warga yang membutuhkan pengobatan.

“Saya sendiri jarang menggunakan kartu JKN-KIS, walaupun terdaftar di kelas 1 (satu) tetap tidak ada yang mengharapkan sakit. Alhamdulillah dengan menjaga agar tetap sehat dan rutin membayar iuran saya dan keluarga dapat membantu warga khususnya yang tidak mampu untuk berobat, Selasa (27/10).

Andri mengaku sejak bergabungnya dirinya dan keluarga ke dalam kepesertaan JKN-KIS, ia selalu mendapatkan manfaat dari kartu kepesertaannya itu.

Apalagi seluruh kelahiran anaknya itu juga berkat dari kartu kepesertaan JKN-KISnya, sehingga ia tenang menjalani proses persalinan seluruh anaknya.

"Saya dan keluarga merasakan manfaat Program JKN-KIS, kelahiran semua anak-anak saya ditanggung program ini walaupun ada iuran biaya yang harus dibayarkan, karena saya menaikkan kelas rawat inap satu tingkat dari hak saya,” ungkap Andri saat ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, Selasa (27/10).

Menurut pengalaman Andri, prosedur Program JKN-KIS sudah baik, tidak ada kesulitan mengurus administrasi dan tidak ada pelayanan diskriminasi yang ia terima.

Tidak seperti berita negatif yang ia dengar, berdasarkan pengalaman pelayanan yang ia terima sudah baik termasuk administrasi, pelayanan kesehatan di faskes pertama sampai pelayanan rawat inap di rumah sakit.

Sama dengan program pemerintah lainnya, program ini berimbas positif bagi masyarakat karena menyangkut hajat banyak orang.

Ia berharap program ini terus berkembang menjadi lebih baik dan kesadaran warga akan pentingnya keberlangsungan program ini juga meningkat.

“Program JKN-KIS ini harus terus berlangsung walaupun diterpa berbagai berita negatif di luar sana tapi saya yakin sudah banyak warga yang merasakan manfaat dan besyukur adanya program ini."

"Selain menanggung keluarga aktif terdaftar segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), saya juga mendaftarkan dan membayarkan iuran orangtua setiap bulan."

"Saya sadar pentingnya terdaftar menjadi peserta JKN, hanya cukup membayarkan iuran setiap bulan kita dapat menerima manfaat yang maksimal,” tutup Andri. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved