Breaking News:

Sesalkan Klaster Ulang Tahun, Sekda Ingatkan Satgas Jangan Gampang Kasih Izin Acara Kumpul-kumpul

Atas kondisi ini pihaknya meminta untuk tidak mudah memberikan izin kegiatan yang mengumpulkan massa.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Dedy
Warta Kota/Joko Supriyanto
Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG --- Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Karawang gara-gara puluhan orang berkerumun di sebuah acara pesta ulang tahun, disesalkan pihak Pemerintah Kabupaten Karawang.

Menurut Sekda Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri,  beberapa pekan ini terjadi kenaikan jumlah kasus covid-19 di Karawang, salah satu faktornya yaitu ditemukan klaster tari atau dance beberapa waktu lalu.

Acep mengatakan dalam acara ulang tahun itu, puluhan orang berkerumun.

Seorang positif covid kemudian meniup lilin kue tart yang dikelilingi para peserta pesta.

"Droplet orang positif itu menyebar ke kue tart. Kuenya dimakan peserta pesta dan mereka bernyanyi bersama. Itu yang membuat pesta ultah menjadi klaster," kata Acep kepada Wartakotalive.com, Rabu (11/11/2020)..

Acep menyayangkan adanya acara perayaan ulang tahun tersebut, salah satu penyelenggara adalah orang yang bekerja di salah satu Puskesmas wilayah Karawang Barat.

Atas kondisi ini pihaknya meminta untuk tidak mudah memberikan izin kegiatan yang mengumpulkan massa.

"Evaluasi kami. Satgas diharap jangan gampang memberikan izin terhadap acara kumpul-kumpul. Meski pemohon acara mengklaim bakal menerapkan protokol kesehatan," ucapnya.

Untuk itu, Pemkab Karawang berencana menyiapkan hotel sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

Hal ini dilakukan mengantisipasi jumlah ruangan untuk pasien Covid-19 di RSUD penuh.

"Kami sudah komunikasi dengan Hotel Prime di Cikampek untuk merawat pasien positif corona karena rumah sakit khawatir sudah penuh," kata Acep.

Berdasarkan data corona di website covid-19.karawangkab.go.id, angka kasus Covid-19 di Kabupaten Karawang terjadi kenaikan kasus, kini total kasus sebanyak 1.805 orang.

Dari ribuan kasus itu rincian diantaranya 364 orang dalam perawatan, 1.368 orang sudah dinyatakan sembuh dan 73 orang meninggal dunia.

Sejauh ini, Gugus Tugas Covid-19 Karawang mendata, jika kapasitas bed atau ranjang inap bagi pasien Covid-19 di Karawang mulai full. Untuk itu tak menutup kemungkinan akan ada tambahan ruangan lagi di RSUD.

"Kita harus siapkan ruang tambahan. Untuk lokasi dan tempat nanti kita sampaikan. Tidak menutup kemungkinan ada ruang tambahan lagi di RSUD," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: Agar Siap Bersaing di Dunia Kerja Disnaker Gandeng LPK Beri Pelatihan buat Pengangguran Lulusan SMA

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved