Pilkada Tangsel

KPU Kota Tangsel Bakal Bangun Lokasi TPS yang Ramah Akses Penyandang Disabilitas

KPU Kota Tangsel tengah mempersiapkan sejumlah logistik tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada 2020 serentak.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Rizki Amana
Komisioner KPU Kota Tangsel Divisi Teknis, Ahmad Mujahid Zein (Warta Kota/Rizki Amana) 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - KPU Kota Tangsel tengah mempersiapkan sejumlah logistik tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada 2020 serentak. 

Komisioner KPU Kota Tangsel Divisi Teknis, Ahmad Mujahid Zein, mengatakan sejumlah logistik yang dipersiapkan pihaknya itu berupa penyediaan perlengkapan fasilitas bagi pemilih yang terkategorikan kelompok disabilitas. 

Ditambah para pemilik hak suara yang terkategori penyandang disabilitas tersebut juga dipersilakan sebagai pendamping. 

Acep, penyandang disabilitas menarik kotak menggunakan badannya.
Acep, penyandang disabilitas menarik kotak menggunakan badannya. (Istimewa)

"Kalau untuk penyandang disabilitas di TPS, pertama kalau dari sisi logistik yang ada di TPS itu baru ada template braille," kata Mujahid saat ditemui di Gedung KPU Kota Tangsel, Setu, Selasa (10/11/2020).

"Kemudian kami siapkan pendamping jika membutuhkan pendamping, baik dari keluarga maupun PPS," imbuhnya.

"Jadi nanti disiapkan formulir C pendamping untuk teman-teman disabilitas. Kemudian kami dalam melakukan Bimtek (Bimbingan Teknis) kepada teman-teman KPPS mengarahkan untuk membuat TPS yang aksesible," lanjutnya. 

Keterbatasan Tak Menyurutkan Langkah Aprizar, penyandang disabilitas yang menjadi rekanan TNI AD
Keterbatasan Tak Menyurutkan Langkah Aprizar, penyandang disabilitas yang menjadi rekanan TNI AD (istimewa Youtube TNIAD)

Mujahid menuturkan, salah satu fasilitas yang dirujuk pihak KPU berupa kemudahan akses menuju lokasi TPS bagi penyandang disabilitas. 

Menurutnya, kemudahan lokasi akses menjadi syarat utama untuk dibangunnya TPS oleh para Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). 

"Jadi kalau di DPT (Daftar Pemilih Tetap) itu dilihat ada pemilih yang disabilitas, atau secara faktual ada yang disabilitas tidak masuk ke dalam DPT," ucapnya.

Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel hendak menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Kabupaten Tangerang pada Selasa (8/9/2020). Pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan tahapan Pilkada Tangsel yang harus dijalani masing-masing kandidat.
Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel hendak menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Kabupaten Tangerang pada Selasa (8/9/2020). Pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan tahapan Pilkada Tangsel yang harus dijalani masing-masing kandidat. (Warta Kota)

"Kami mengharapkan untuk membuat TPS yang aksesible untuk teman-teman disabilitas, misalkan menuju areal TPSnya tidak ada jalan yang berundak, tidak ada tangga, tidak ada lubang got segala macam," jelasnya. 

"Kemudian pintu masuknya juga relatif lebih akseslabel, kemudian mejanya juga jangan ada penghalang dibawahnya kalau pakai kursi roda, pemilih bisa seperti ini memilih dengan nyaman, seperti itu untuk fasilitasi teman-teman disabilitas," pungkasnya. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved