Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi Targetkan Tahun 2024 Seluruh Bidang Tanah Sudah Bersertifikat

BPN Kabupaten Bekasi membuat sertifikat pada tahun 2020 dengan memperoleh target sebanyak 28.000 bidang tanah.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
Humas Pemkab Bekasi
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi, Tengku Fadli Fadil dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asda I) Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna melakukan penyerahan sertifikat tanah secara simbolis kepada warga Kabupaten Bekasi, pada Senin (9/11/2020) sore. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIKARANG --- Pihak Kantor Pertahanan Kabupaten Bekasi menargetkan di tahun 2024 agar seluruh bidang tanah di Kabupaten Bekasi memiliki sertifikat secara lengkap.

Saat ini masih banyak bidang yang belum bersertifikat.

"Untuk itu, kami coba memetakan desa demi desa yang ada di Kabupaten Bekasi, sehingga seluruh bidang tanah terukur, terpetakan dan terdaftar dan dapat diterbitkan sertifikat A nya," tutur Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi, Tengku Fadli Fadil, Selasa (10/11/2020).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asda I) Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna menambahkan, di tahun 2024 nanti semua bidang harus tersertifikatkan.

Dirinya mengatakan untuk saat ini masih berjalan 50 persen dan sedang diusahakan sampai selesai.

"Manfaatkan bahwa sertifikat ini merupakan hak kepemilikan masyarakat yang harus dijaga, dan dimanfaatkan. Pak presiden menyampaikan dapat diolah sebagai modal usaha bukan sebagai modal konsumtif," ucapnya.

"Jadi untuk pemberdayaan pendapatan masyarakat bisa dimanfaatkan untuk agunan dengan perhitungan yang tepat, jangan sampai nanti luasannya tidak sesuai dengan uang yang dipinjamkan, sehingga tidak berbalik modal bahkan kehilangan sertifikat," kata Yana lagi.

Sebanyak 6.500 warga Kabupaten Bekasi, Jawa Barat turut menerima sertifikat tanah dalam rangka puncak Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional Tahun 2020.

Tengku Fadli Fadil, menjelaskan penyerahan itu dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual di Istana Negara, pada Senin (9/11) serentak seluruh Indonesia dengan sebanyak 1 juta sertifikat tanah.

"Yang diserahkan pada hari ini 6.500 sertifikat tanah, sedangkan yang lainnya telah kita serahkan berkala sehubungan dengan diserahkan oleh presiden pada waktu-waktu sebelumnya," kata Fadli, pada Selasa (10/11/2020).

Ia menuturkan BPN Kabupaten Bekasi membuat sertifikat pada tahun 2020 dengan memperoleh target sebanyak 28.000 bidang tanah.

Tetapi untuk sertifikat hak atas tanahnya hanya dapat 22.000 bidang tanah

"Seluruhnya di Kabupaten Bekasi sudah diserahkan 22.000 sertifikat tanah untuk tahun ini. Termasuk di dalamnya yang kemarin diserahkan 6.500 sertifikat tanah," ungkapnya.

Baca juga: Masyarakat Bogor Tak Perlu Repot Lagi Bayar Pajak Bumi Bangunan, Kini Tinggal Klik Aplikasi GoPay

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved