Breaking News:

Berita Jakarta

Buku 'Menuju Ratangga Kereta Kota Kita' Gambarkan Perjalanan 34 tahun MRT Jakarta

Anies berharap, buku ini tak hanya menjelaskan soal pembangunan fisik, namun juga perubahan perilaku dan rekayasa sosial.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di DPRD DKI Jakarta pada Senin (2/11/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai buku digital ‘Menuju Ratangga, Kereta Kota Kita’ yang diluncurkan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dapat merangkum perjalanan pembangunan kereta tersebut selama 34 tahun.

Bahkan buku yang diluncurkan pada Selasa (10/11/2020) secara virtual ini dapat dijadikan referensi, buku pegangan dan sebuah roadmap perjalanan pembanguan transportasi umum massal di Indonesia untuk generasi di masa depan.

“Saya garis bawahi, MRT ini proyek besar dan panjang, yang nantinya jadi picture permanent di Jakarta, sehingga hadirnya buku ini diharapkan mampu mengcapture (menangkap) itu semua,” ujar Anies dalam sambutannya pada Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Wagub DKI Pastikan Pembahasan Anggaran di Jakarta Transparan dan Akuntabel

“Apa yang kita bangun, perlu dicatat dengan baik supaya kita berikan kesempatan untuk generasi masa depan mengambil hikmah dari yang kita kerjakan sekarang,” tambah Anies.

Anies berharap, buku ini tak hanya menjelaskan soal pembangunan fisik, namun juga perubahan perilaku dan rekayasa sosial.

Kata dia, transportasi umum dapat meningkatkan interaksi sosial dan kesetaraan antar warga.

“Saya ingin mengajak untuk melihat alat transportasi umum lebih dari fisik (bangunan dan moda transportasinya) tetapi juga bentuk rekasaya sosial untuk meningkatkan interaksi antar warga dan bentuk ruang ketiga yang harus diintervensi pemerintah untuk mempersatukan dan membangun kebersamaan serta kesetaraan,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu.

Baca juga: Megawati sebut Jakarta Amburadul, Begini Tanggapan Wagub DKI Ariza Patria

Direktur PT MRT Jakarta William Syahbandar menjelaskan, buku ini merupakan tindak lanjut dari arahan Gubernur Anies Baswedan untuk mendokumentasikan berbagai pihak yang terlibat dalam hadirnya MRT Jakarta.

Seperti diketahui MRT Jakarta merupakan proyek panjang yang melewati 5 periode presiden dan 9 periode Gubernur DKI yang keseluruhan kontribusinya akan dijelaskan dalam buku ini.

“MRT adalah karya banyak orang dari gagasan hingga pelaksanaan dan finalisasi. Melalui pelaksana Pemerintah RI dan 9 Gubernur DKI Jakarta, total mulai dari gagasan hingga beroperasi itu 34 tahun. Ini adalah proses yang baru dimulai dan ini akan dikembangkan,” ujar William. (faf)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved