Breaking News:

Advertorial

Tidak Perlu Khawatir Kartu KIS Hilang, Manfaatkan Kartu KIS Digital Pada Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN sudah dilengkapi dengan beberapa menu untuk memudahkan peserta melakukan administrasi secara mandiri.

jamkesnews.com
Hasniarti (56), ibu rumah tangga yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), menunjukkan aplikasi Mobile JKN. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG — Setiap peserta yang terdaftar program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) akan mendapatkan kartu kepesertaannya sebagai identitas pribadi yang digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Hasniarti (56) merupakan seorang ibu rumah tangga yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dengan hak kelas rawat inap di kelas 2 (dua).

Ia mengaku rutin memanfaatkan kartu kepesertaan JKN-KISnya itu untuk menjalani pengobatan setiap bulannya. Namun beberapa hari yang lalu, kartu kepesertaan JKN-KIS yang selama ini digunakan hilang, sehingga membuat ia mengurungkan niat untuk berobat selama kartu KIS miliknya belum dicetak ulang.

“Saya biasa berobat menggunakan kartu sakti (kartu KIS—red) jadi tidak ada pembayaran lagi di rumah sakit, karena kartunya hilang saya mau urus dulu untuk dicetak ulang agar bisa berobat kembali. Keponakan saya memberitahu untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN dan memanfaatkan kartu KIS digital. Awalnya ragu karena biasanya harus ada kartu fisik untuk berobat, ternyata bisa juga unduh dan cetak sendiri kartu KIS digital di aplikasi Mobile JKN,” ujar Hasniarti, baru-baru ini.

Dirinya menilai aplikasi Mobile JKN sudah dilengkapi dengan beberapa menu untuk memudahkan peserta melakukan administrasi secara mandiri.

Salah satunya adalah menu kartu yang dapat diakses setiap peserta dan dapat dikirimkan melalui email yang terdaftar apabila ingin dicetak.

Kartu KIS digital sama fungsinya dengan kartu KIS fisik, digunakan sebagai identitas sah peserta terdaftar.

Sekarang peserta tidak perlu khawatir kehilangan kartu KIS karena di manapun dan kapan pun kartu KIS digital pada aplikasi Mobile JKN dapat diakses di smartphone.

“Tampilan aplikasi Mobile JKN yang sederhana sangat memudahkan peserta dalam penggunaannya. Jadi saya tidak perlu repot cetak ulang kartu KIS untuk berobat, cukup dengan menggunakan kartu KIS digital yang juga memiliki fungsi yang sama. Selain itu, pada aplikasi ini saya bisa mengetahui informasi tagihan, saldo, dan denda. Beberapa artikel, tips hidup sehat, sampai konsultasi dokter melalui chat juga saya manfaatkan dengan baik,” tambah Hasniarti.

Selama masa pandemi ini membatasi masyarakat untuk berkativitas di luar rumah. Solusi pelayanan tanpa kontak fisik yang diberikan salah satunya adalah penggunaan aplikasi Mobile JKN.

Hal ini demi memutus mata rantai penyebaran virus dengan meminimalisir kontak fisik antara peserta dan petugas. dirinya berharap dengan menu tampilan aplikasi yang sederhana dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh lapisan masyarakat di segala usia. (*)

Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved