Breaking News:

Berita Bogor

Tak Lolos Seleksi Pilkades, Ini Pesan Mengharukan Mantan Kades Rawa Panjang, Bojonggede, Bogor

Menyambut pesta demokrasi tingkat desa itu, tercatat ada tujuh nama yang mencalonkan dirinya sebagai Bakal Calon Kepala Desa di Rawa Panjang.

Wartakotalive.com/Yudistira Wanne
Suasana Tahapan Seleksi Balon Kades Rawa Panjang, Kabupaten Bogor di Kecamatan Bojonggede 

WARTAKOTALIVE.COM, BOJONGGEDE - Meski Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) baru diselenggarakan secara serentak pada 20 Desember mendatang, namun gelora untuk menjalankan demokrasi mulai terasa.

Tak terkecuali untuk Pilkades Desa Rawa Panjang, Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Menyambut pesta demokrasi tingkat desa itu, tercatat ada tujuh nama yang mencalonkan dirinya sebagai Bakal Calon Kepala Desa di Rawa Panjang.

Di antaranya adalah Muslih, Marulloh, Een Sovian, Asmat, Wahyudin, Muhammad Agus, dan Aminudin.

Mengacu pada Peraturan Bupati nomor 6 tahun 2020 tentang tata cara pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa, maka dilakukan seleksi terhadap ketujuh calon tersebut sehingga mengerucut menjadi lima orang.

Dalam Perbup poin nomor 47 berisi, bahwa seleksi tambahan adalah seleksi yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Desa atau Panitia pemilihan Kepala Desa Tingkat Kecamatan terhadap bakal calon kepala desa apabila jumlah bakal calon kepala desa lebih dari 5 (lima) orang.

Untuk menciptakan suasana demokrasi yang sudah ditentukan, Sabtu (7/11/2020) maka diselenggarakan tahap seleksi di Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor untuk mengerucutkan jumlah Balon Kepala Desa Rawa Panjang.

Tahapan seleksi itu berupa tes tertulis dan memverifikasi yang menyangkut background masing-masing Balon Kepala Desa.

Dari hasil tes yang berlangsung ketat tersebut, ada dua nama yang tereliminasi dari persaingan Balon Kepala Desa Rawa Panjang yakni Marulloh dan Muslih.

Salah satu Bakal Calon Kepala Desa Rawa Panjang, Marulloh menerima dengan sportif terkait tahapan yang dilakukan, meksi akhirnya dia gagal lolos dalam proses seleksi tersebut.

Baca juga: 4 Mantan Anggota DPR dari PKS ke Depok, Panaskan Kader Partai Gelora untuk Menangkan Pradi-Afifah

Lanjut Marulloh, dia berharap agar ke depannya Desa Rawa Panjang, Bojonggede, Kabupaten Bogor lebih baik dan unggul.

"Saya sebagai salah satu tokoh masyarakat Desa Rawa Panjang, Bojonggede berpesan tentunya apa yang sudah saya jalani dalam satu periode ini dapat diteruskan dengan baik," ujarnya.

"Nanti yang akan melanjutkan ketika nanti ada kemenangan untuk Pilkades, mohon dijalankan dengan sebaik-baiknya demi kemajuan Desa Rawa Panjang. Terima kasih untuk semuanya," tambahnya.

Selain itu, Pilkades serentak 2020 di Kabupaten Bogor itu akan diikuti 88 desa di 34 kecamatan.

Mereka yang terpilih dalam pilkades, akan mengisi kursi 66 kepala desa yang habis masa jabatannya pada tahun ini, dan 22 kepala desa yang jabatannya berakhir pada Januari 2021.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved