Pasca Asian Games 2018 Stadion Singaperbangsa Kabupaten Karawang Kini Tidak Begitu Aktif Digunakan

“Kalau buat tanding bola gitu jarang. Paling kalau ada event aja. Pasti di sini. Kalau nggak ada ya paling buat olahraga,

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dedy
countryguide.id
Stadion Singaperbangsa di Karawang 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG --- Dijuluki kota pangkal perjuangan sebagai awal pergerakan kemerdekaan, Kabupaten Karawang juga memiliki Stadion yang cukup baik.

Sarana olahraga yang terletak di Jalan Ir Suratin atau lebih tetapnya di samping kantor Pemerintah Kabupaten Karawang ini dikenal dengan nama Stadion Singaperbangsa.

Ketika mengunjungi Stadion ini nampak dari depan sudah terlihat bangunan stadion berkelir putih, dengan hiasan mural setiap dindingnya, ditambah terdapat tulisan Stadion Singaperbangsa tepat di pintu masuk utama Stadion.

Jika sedikit berkeliling area luar stadion, nampak warung-warung tenda makan berjejer di samping stadion.

Dari luar juga terlihat beberapa ruangan yang di desain untuk ruang sekretariat hanya saja kini nampak tertutup.

Beberapa ruangan itu juga terlihat tidak digunakan cukup lama, sehingga membuat beberapa cat pintu terlihat memudar, tak hanya itu yang cukup disayangkan banyak vandalisme dibeberapa sudut luar stadion yang membuat stadion terkesan kumuh.

Jika melihat area di dalam Stadion, terlihat lapangan bola yang cukup luas dengan rumput-rumput hijau di area lapangan. Bahkan dua gawang disana masih lengkap dan dalam kondisi baik.

Melihat ke area tempat bangku penonton, Stadion ini setidaknya memiliki kapasitas sebanyak 20 ribu penonton. Kondisi bangku penonton dengan model memanjang dan perkeramik. Hanya saja terlihat berdebu.

Stadion Singaperbangsa sebenarnya sudah mengalami perubahan terlebih saat digunakan untuk venue Asian Games 2018 silam. Bahkan stadion ini sempat digunakan sebagai markas latihan Persija Jakarta.

Tak begitu aktif

Salah satu warga sekitar Dede (38) mengatakan jika Stadion Singaperbangsa memang sudah tidak begitu aktif digunakan.

Meski begitu masih banyak yang memanfaatkan stadion tersebut sebagai sarana tempat olahraga.

“Kalau buat tanding bola gitu jarang. Paling kalau ada event aja. Pasti di sini. Kalau nggak ada ya paling buat olahraga, kadang juga ada anak-anak yang main bola tapi agak jarang,” kata Dede di sekitar lokasi.

Dede mengaku cukup menyangkan Stadion Singaperbangsa yang cukup besar tapi tidak dimanfaatkan dengan event-event olahraga, namun dirinya memaklumi karena saat ini tengah kondisi pandemi.

“Tapi sebelum pandemi sebenarnya ada aja. Cuma memang kalo sekarang pandemi ya jadi rada sepi. Ya mudah mudahan aja nanti bisa digunakan lebih baik lagi,” katanya.

Tak berbeda jauh, hal serupa juga dikatakan oleh Rudi (20) salah satu pedagang kopi yang berada di lokasi. Ia mengatakan jika Stadion Singaperbangsa sangat menarik jika dikembangkan lagi.

“Emang sepi. Kalau dulu ramai. Cuma sekarang begini aja. Nggak ngerti saya juga kenapa,” katanya.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved