Breaking News:

VIDEO Revitalisasi Gedung Juang 45 Tambun Rampung Akhir Tahun, Begini Fasilitas Terbarunya

Nantinya Gedung Juang 45 Tambun akan menjadi destinasi wisata sejarah sekaligus cagar budaya. Kedepannya akan dibangun juga perpustakaan digital.

Dokumentasi Disbudpora Kabupaten Bekasi
Pemerintah Kabupaten Bekasi tengah melakukan revitalisasi Gedung Juang 45 Tambun, di Jalan Sultan Hasanudin, Desa Setia Darma, Kecamatan Tambun Selatan. 

Laporan reporter Warta Kota Muhammad Azzam

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI---Pemerintah Kabupaten Bekasi tengah melakukan revitalisasi Gedung Juang 45 Tambun, di Jalan Sultan Hasanudin, Desa Setia Darma, Kecamatan Tambun Selatan.

Direncanakan Gedung Juang 45 Tambun itu rampung pada akhir tahun 2020 ini.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi atau Disbudpora Kabupaten Bekasi Rahmat Atong menjelaskan revitalisasi Gedung Juang 45 Tambun ini menggunakan dana murni APBD 2020 sebesar Rp 36,9 miliar dan tambahan di APBD Perubahan sebesar Rp 3 miliar lebih.

Nantinya, bangunan bersejarah ini akan menjadi destinasi wisata sejarah sekaligus cagar budaya. Kedepannya akan dibangun juga perpustakaan digital dan Arsip.

"Revitalisasi Gedung Juang 45 bukan berarti pihak Pemkab akan membongkar gedung, namun memperbarui bangunan gedung beserta fasilitasnya yang hingga kini terkesan kurang terawat. Proses revilaitasi ini tidak menghilangkan ciri dan bentuk khas bangunan karena masuk dalam benda cagar budaya," kata Rahmat, di Cikarang, pada Senin (2/11/2020).

Rahmat mengungkapkan Gedung Juang 45 Tambun bakal dijadikan sebagai museum sejarah Bekasi. Konsepnya juga dibuat secara digital, modern dan milenial sehingga menjadi daya tarik para anak muda terhadap sejarah Bekasi.

Baca juga: Peringati HUT ke-75 RI, GPMI DKI Gelar Gowes Sepeda Sehat Bareng Umat dari Gedung Joang 45

"Di halaman luar plazanya, panggung, taman mungkin bakal dikagumi dan belum ada di Bekasi. Dan untuk Gedung Juangnya ada museum, kontenya juga modern dan memang sudah milenial," tuturnya.

Bahkan konsep Gedung Juang 45 Tambun itu bakal menjadi museum digital, semua konten sejarahnya dijelaskan serta digambarkan secara digital.

Baca juga: Pemkot Bekasi Bakal Manfaatkan Terowongan di Gedung Juang 45 yang Tersambung ke Stasiun Tambun

"Dan mungkin di Indonesia belum ada, kita ambil dari luar negeri semua, konten museum digitalnya. Selain juga direncanakan ada museum berisi benda-benda bersejarah," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved