Breaking News:

Upaya Mencegah Penyebaran Penyakit Rabies Petugas Suku Dinas KPKP Jaktim Buka Layanan Jemput Bola

Warga yang memiliki hewan peliharaan banyak seperti kucing, anjing, kera, dan musang bisa melapor ke Suku Dinas KPKP Jakarta Timur.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Agus Himawan
wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Timur melakukan vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan warga. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur melakukan aksi jemput bola pelayanan vaksinasi hewan peliharaan.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas KPKP Jakarta Timur, Irma Budiany, mengatakan dalam kegiatan ini petugas menyambangi rumah-rumah warga. untuk memberikan vaksin untuk hewan peliharaan mereka.

“Bagi warga yang memiliki banyak hewan peliharaan, lebih dari lima misalnya kita siap datang ke rumah melakukan vaksinasi,” kata Irma, Senin (2/11/2020). Untuk mendapatkan pelayanan tersebut, warga yang memiliki hewan peliharaan banyak seperti kucing, anjing, kera, dan musang bisa melapor ke Suku Dinas KPKP Jakarta Timur.

“Mereka bisa melapor bahwa mereka terkendala datang ke lokasi vaksinasi. Setelah itu nanti petugas akan menjadwalkan untuk vaksinasi ke rumah warga,” tutur Irma. Menurut Irma, upaya jemput bola tersebut guna memastikan hewan peliharaan warga Jakarta Timur tidak terjangkit rabies. Alhasil pencegahan penyebaran rabies dapat berjalan maksimal.

Baca juga: Ade Londok Odading Klarifikasi Berita Hoaks Tentang Dirinya

Baca juga: VIDEO Viral Jambret Beraksi di Siang Bolong di Kawasan Danau Sunter, Gasak Ponsel Pengunjung Wanita

“Kalau harus datang ke lokasi vaksinasi yang ditentukan kan repot, jadi petugas datang melakukan vaksinasi di rumah,” sambungnya. Adapun vaksinasi rabies hewan peliharaan yang dijadwalkan berlangsung pada 2-30 November 2020 dan digelar di sejumlah kantor kelurahan hingga Sekretariat RW.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan pada pukul 09.00-11.00 dan tergantung ketersediaan lahan di masing-masing wilayah. Sementara untuk vaksinasi ke rumah dilakukan setelahnya. “Jadi selesai vaksinasi di lokasi yang ditentukan baru petugas datang ke rumah. Semuanya gratis, nggak dipungut biaya,” ungkapnya.

Layak divaksinasi

Sementara, petugas Suku Dinas KPKP Jakarta Utara melakukan vaksinasi terhadap 156 ekor hewan penular rabies (HPR) di Jakarta Utara. Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara Unang Rusmanto mengatakan pihaknya melakukan vaksinasi terhadap HPR di dua kelurahan, di Jakarta Utara.

Baca juga: Seleksi Garuda Select Jilid Ketiga: 39 Pemain Lolos Ke Seleksi Tahap Akhir

Baca juga: Oknum Guru Agama di Sekolah Elit di Jaksel Diduga Cabuli dan Tipu Dua Perempuan, Bakal Dipolisikan

“Kegiatan vaksinasi rabies ada Senin (2/11/2020) dilakukan di Kelurahan Semper Barat dan Kelurahan Kelapa Gading Timur,” ucap Unang, Senin (2/11). Unang mengatakan pada kesempatan Senin (2/11/2020) ada 164 ekor HPR yang diperiksa oleh petugas dengan rincian 57 ekor anjing, 106 ekor kucing, serta satu ekor kera.

“Namun demikian tidak semua hewan yang diperiksa layak untuk divaksinasi karena ada alasan tertentu,” tuturnya. Hanya ada 156 ekor HPR yang layak untuk proses vaksinasi dengan rincian 57 ekor anjing, 98 ekor kucing serta satu ekor kera. “Untuk yang tidak memenuhi syarat vaksinasi sebanyak delapan ekor seperti sakit, bunting, menyusui dan belum cukup umur,” ucapnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved