Gempa

Gempa Turki 7.0 SR Membuat Tsunami Kecil Dirasakan Sampai Yunani, 725 Luka dan 21 Tewas

Gempa ini adalah saat yang mengerikan saat sebuah bangunan runtuh di Turki karena bencana gempa bumi berkekuatan 7,0 skala Richter

Anadolu Agency via Getty Images
Sebuah bangunan hancur di Izmir, Turki, setelah gempa berkekuatan 7,0 di Laut Aegea hari ini yang menewaskan sedikitnya 21 orang dan melukai 725 lainnya di Turki 

Puing-puing berserakan di jalan-jalan Turki setelah gelombang laut yang tampak jelas di dekat Izmir, tempat bangunan-bangunan roboh

Gempa yang berpusat di Laut Aegea juga dirasakan di Athena dan dekat Albania, Makedonia, dan Bulgaria

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Saat bangunan runtuh di Turki saat tsunami kecil menyapu resor setelah gempa berkekuatan 7,0 skala Richter membuat orang melarikan diri dari rumah mereka di pulau-pulau Yunani - menyebabkan 21 orang tewas dan 725 terluka, Sabtu (31/10/2020).

Gempa ini adalah saat yang mengerikan saat sebuah bangunan runtuh di Turki karena bencana gempa bumi berkekuatan 7,0 skala Richter membuat orang melarikan diri dari rumah mereka di pulau-pulau Yunani - menyebabkan 21 orang tewas dan 725 luka-luka.

Baca juga: Turki Diguncang Gempa Dahsyat, Pray For Turkey Trending, Kenapa Harus Turki, Kenapa Bukan Prancis?

Udara dipenuhi debu saat bangunan tujuh lantai itu runtuh dalam beberapa saat dan beberapa orang terlihat berusaha melindungi diri mereka sendiri.

Saat bangunan runtuh membuat suara kusut, tangisan beberapa orang terdengar di latar belakang.

Turki dan Yunani dilanda gempa berkekuatan 7,0 skala Richter hari ini yang menewaskan sedikitnya empat belas orang, meratakan bangunan dan menyebabkan tsunami kecil yang membanjiri jalan-jalan dalam pemandangan yang mengerikan di pantai Turki.

Baca juga: PRESIDEN Turki Erdogan Minta Presiden Perancis Macron Periksa Mental, Selalu Serang Agama Tertentu

Puing-puing berserakan di jalan-jalan Turki setelah gelombang laut yang tampak jelas di dekat Izmir di mana setidaknya tujuh belas bangunan hancur dan rekaman menunjukkan orang-orang memanjat reruntuhan blok bertingkat yang runtuh.

sebuah bangunan runtuh di Turki

Badan bencana Turki mengatakan sedikitnya 21 orang tewas dan 725 luka-luka akibat gempa itu, sementara dua remaja tewas di Yunani ketika tembok sebuah bangunan runtuh di Pulau Samos.

Tsunami mini juga mencapai Pulau Samos di mana penduduk pulau diperintahkan untuk menghindari pantai setelah beberapa orang meninggalkan rumah mereka karena gempa, yang juga dirasakan di Athena dan dekat Albania, Makedonia Utara dan Bulgaria.

Menurut badan bencana Turki, setidaknya 244 gempa susulan tercatat, dengan 24 di antaranya lebih dari 4 pada skala Richter.

Malik Tahirler yang berusia 8 tahun diselamatkan dari reruntuhan oleh tim pencarian dan penyelamat di distrik Bornova
Malik Tahirler yang berusia 8 tahun diselamatkan dari reruntuhan oleh tim pencarian dan penyelamat di distrik Bornova (Anadolu Agency via Getty Images)
Tsunami di Pulau Samos yunani 

Belum jelas berapa banyak orang yang hancur di rumah mereka sendiri di Turki, negara yang terkenal dengan kualitas konstruksi yang buruk. Petugas penyelamat sedang mencari korban selamat dan mayat di reruntuhan.

Duygu Kati, seorang kepala sekolah menengah, mengatakan kepada CBS News bahwa dia dengan aman mengevakuasi semua siswanya. Dia mengatakan gedung itu hampir runtuh.

Karena letaknya di sejumlah garis patahan utama, Turki adalah salah satu negara paling rawan gempa di dunia, menurut Reuters.

Lebih dari 17.000 orang tewas akibat gempa bumi di negara itu dalam beberapa dekade terakhir.

Ahli gempa Yunani Akis Tselentis mengatakan kepada penyiar negara bagian bahwa ada risiko tinggi gempa susulan yang cukup kuat untuk merobohkan bangunan karena pusat gempa memiliki kedalaman yang dangkal, The Associated Press melaporkan.

Turki dan Yunani saat ini sedang memperebutkan hak eksplorasi di Mediterania, Reuters melaporkan - tetapi kedua pemimpin men-tweet tentang perlunya solidaritas selama masa krisis.

"Apapun perbedaan kami, inilah saat-saat ketika rakyat kami perlu berdiri bersama," tulis Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis.

"Bahwa dua tetangga menunjukkan solidaritas di masa-masa sulit lebih berharga daripada banyak hal dalam hidup," kata Presiden Turki Tayyip Erdogan.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved