Breaking News:

Pilkada Serentak

Bawaslu Kota Depok Ingatkan ASN Bersikap Netral di Pilkada Serentak 2020, Ini Tiga Imbauannya

Bawaslu Kota Depok ingatkan ASN bersikap netral di Pilkada Serentak 2020. Tiga Imbauannya adalah tidak melakukan mutasi, rotasi, dan promosi jabatan.

Wartakotalive.com/Dodi Hasanuddin
Lima organisasi masyarakat Kota Depok mendatangi Bawaslu Kota Depok. Mereka meminta Bawaslu segera menindanlanjuti ASN Pemkot Depok yang tak netral. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Bawaslu Kota Depok ingatkan ASN bersikap netral di Pilkada Serentak 2020. Tiga Imbauannya adalah tidak melakukan mutasi, rotasi, dan promosi jabatan.

Ketua Bawaslu Kota Depok, Jawa Barat, Luli Barlini menegaskan, dalam pengawasan Pilkada 2020 ini, pihaknya telah meningkatkan dan melakukan pencegahan berupa imbauan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar bersikap netral.

"Surat himbauan tersebut dikirimkan sebanyak dua kali kepada Pemerintah Kota Depok sebelum masa kampanye berlangsung," kata Luli Barlini dalam keterangannya di Depok, Sabtu (31/10/2020).

Video: Jelang Pilkada Serentak 2020, Spanduk dan Baliho Penuhi Sudut-sudut Kota Tangsel

Surat tersebut, jelasnya, berisi imbauan agar tidak melakukan mutasi, rotasi, dan promosi jabatan enam bulan sebelum penetapan pasangan calon tanpa seizin Kemendagri.

Ketentuan ini tertuang dalam pasal 71 ayat (2) Undang-Undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016.

Aturan ini menyebutkan para gubernur, wakil gubernur, bupati, dan wakil bupati, maupun wali kota dan wakil wali kota dilarang melakukan penggantian pejabat enam bulan sebelum masa penetapan pasangan calon sampai akhir masa jabatan.

Baca juga: Bawaslu Depok Pastikan Kasus Pelantikan ASN di Pemkot Depok Tak Langgar Aturan

Baca juga: Hardiono Belum Dikabari Bawaslu Depok Soal Kasus Dugaan Pelanggarannya Dihentikan Tahu dari Whatsapp

Kemudian surat himbauan kedua yang dilayangkan ialah mengenai netralitas ASN.

Selain surat himbauan, kami juga telah menindaklanjuti laporan masyarakat terkait netralltas ASN yang masuk.

Luli berharap pelaksanaan pilkada di Kota Depok dapat berjalan lancar dan kondusif tidak ada gejolak sosial di masyarakat.

Halaman
123
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved