Musik

Usai Raja Singa, Donny Verdian Ajak Deva Permana Nyanyikan SalaMaria Saat Peringati Sumpah Pemuda

Lagu SalaMaria adalah intepretasi Donny Verdian terhadap Salam Maria, doa Katolik yang diajarkan almarhumah sang ibu sejak masih kecil.

Dokumentasi Donny Verdian
Donny Verdian menciptakan lagu SalaMaria sejak 2017 dan sebelumnya pernah dikerjakannya bersama Ari Wulu, seniman Yogyakarta yang juga putra seniman gamelan almarhum Sapto Rahardjo. Kini, di peringatan ke-92 Sumpah Pemuda, Donny Verdian mengajak duet Deva Permana mainkan lagu SalaMaria, Rabu (28/10/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dua bulan sesudah merilis Raja Singa, Donny Verdian kembali mengenalkan karya berjudul SalaMaria.

Donny Verdian selama ini dikenal sebagai Superblogger Indonesia.

Jika Raja Singa sarat nuansa sosial-politik, SalaMaria mengambil sudut pandang pengalaman iman dan kepercayaan pria asal Klaten, Jawa Tengah, itu.

Raja Singa dinyanyikan Donny Verdian bersama iringan musik Alvon Ditya Arudiskara, musisi Yogyakarta sekaligus pendiri Sanggar Seni Notoyudan Yogyakarta. Lagu Raja Singa yang dinyanyikan Donny Verdian juga diiringi Ignasius Bowo Sarjito dibantu Yohanes Fajar DK (bass) dan Rohmo Pinayungan (drum) itu dirilis dari Sydney, Australia, Senin (10/8/2020).
Raja Singa dinyanyikan Donny Verdian bersama iringan musik Alvon Ditya Arudiskara, musisi Yogyakarta sekaligus pendiri Sanggar Seni Notoyudan Yogyakarta. Lagu Raja Singa yang dinyanyikan Donny Verdian juga diiringi Ignasius Bowo Sarjito dibantu Yohanes Fajar DK (bass) dan Rohmo Pinayungan (drum) itu dirilis dari Sydney, Australia, Senin (10/8/2020). (Dokumentasi Pribadi)

Lagu SalaMaria adalah intepretasi Donny Verdian terhadap Salam Maria, doa Katolik yang diajarkan almarhumah sang ibu sejak masih kecil.

"SalaMaria sebenarnya bukan lagu baru," kata Donny Verdian yang sejak 2008 bermigrasi dari Yogyakarta ke Sydney, Australia, ini berbincang, Rabu (28/10/2020) siang. 

Donny Verdian menciptakan lagu SalaMaria sejak 2017 dan sebelumnya pernah dikerjakannya bersama Ari Wulu, seniman Yogyakarta yang juga putra seniman gamelan almarhum Sapto Rahardjo.

Baca juga: Nyanyikan Raja Singa, Donny Verdian Sumbangkan Pendapatan Lagunya ke Sanggar Seni di Yogyakarta

Baca juga: Lagu Raja Singa Donny Verdian, Hadiah HUT ke-75 RI dari Maria Catarina Sumarsih Untuk Presiden

Saat ini Ari Wulu adalah Program Director Komunitas Gayam 16, komunitas seni dan budaya di Yogyakarta.

Kini, Donny Verdian mengajak Deva Permana, drumer dan seniman musik perkusi asal Indonesia yang lama menetap di Sydney.

"Saya mengajak Deva Permana karena lagu SalaMaria ini basic-nya vokal dan perkusi. Saya pikir Deva cocok mengisi lagu ini," jelas Donny Verdian.

Deva Permana, musisi asal Indonesia yang menetap di Sydney, Australia. Donny Verdian mengajaknya berduet menyanyikan lagu SalaMaria yang sebelumnya pernah dikerjakan bersama Ari Wulu, seniman Yogyakarta yang juga putra seniman gamelan almarhum Sapto Rahardjo. Kini, di peringatan ke-92 Sumpah Pemuda, Donny Verdian mengajak duet Deva Permana mainkan lagu SalaMaria, Rabu (28/10/2020).
Deva Permana, musisi asal Indonesia yang menetap di Sydney, Australia. Donny Verdian mengajaknya berduet menyanyikan lagu SalaMaria yang sebelumnya pernah dikerjakan bersama Ari Wulu, seniman Yogyakarta yang juga putra seniman gamelan almarhum Sapto Rahardjo. Kini, di peringatan ke-92 Sumpah Pemuda, Donny Verdian mengajak duet Deva Permana mainkan lagu SalaMaria, Rabu (28/10/2020). (Dokumentasi Donny Verdian)

Deva Permana adalah putra seniman almarhum Gatot Soenjoto yang tergabung dalam Makukuhan, trio grup gamelan Indonesia di Australia.

Apa yang membedakan SalaMaria versi Ari Wulu dan yang dikerjakan Donny Verdian bersama Deva Permana?

"Ari Wulu menggunakan pendekatan musik dan bebunyian digital, sementara Deva Permana lebih pada perkusi tradisional," kata Donny Verdian.

Baca juga: Ciptakan Lagu Saat Workshop Bareng Sawung Jabo, Donny Verdian Rilis Raja Singa Jelang HUT ke-75 RI

Baca juga: Terinspirasi Aksi Kamisan di Depan Istana Merdeka Jakarta, Donny Verdian Nyanyikan Raja Singa

Deva Permana memainkan kendang Sunda. "Ari Wulu dan Deva Permana menampilkan SalaMaria dalam dua karakter musik berbeda. Disinilah sisi menariknya!" ujar Donny Verdian.

Proses mixing dan mastering SalaMaria dipercayakan ke Ignasius Bowo Sardjito yang juga dipercaya Donny Verdian untuk menjadi produser, penyanyi latar dan part gitar lagu Raja Singa.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved