Breaking News:

Virus Corona

Khawatir Virus Corona Kian Merebak Pemkot Tangsel Gelar Swab Test Massal untuk WNA

Guna menekan penyebaran virus corona, Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar swab test kepada warga negara asing (WNA).

Penulis: Valentino Verry | Editor: Valentino Verry
warta kota
Swab test para pencari suaka politik di kawasan Pisangan, Ciputat Timur, Tangsel (Warta Kota/Rizki Amana) 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - Guna menekan penyebaran virus corona, Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar swab test kepada warga negara asing (WNA).

Sebanyak 103 WNA imigran dari International Organization for Migration (IOM) yang menetap di kawasan Pisangan, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, menjalani swab test untuk pertama kalinya, Rabu (28/10/2020).

Secara bergantian WNA yang datang dari berbagai negara yang tengah berkonflik itu mengisi daftar hadir dan menuju ke area tes.

Update kasus virus corona di Kota Tangerang dan Tangsel, Selasa (20/10/2020)
Update kasus virus corona di Kota Tangerang dan Tangsel, Selasa (20/10/2020) (Tangsel)

Mayoritas para imigran itu sudah berkeluarga. Anak-anak pun turut dites untuk mendeteksi infeksi Covid-19 tersebut.

Hampir seluruh anak-anak berkebangsaan asing itu menangis saat hidung mereka dimasukkan alat tes usap tersebut.Muhamad Hanif (43), WNA asal Rohingya, Myanmar, mengaku baru pertama kali swab test.

Hanif senang karena di tengah pandemi Covid-19, ia bisa mengetahui kondisi kesehatannya.

Di sisi lain, Hanif juga khawatir kalau dirinya terpapar virus ganas itu.

"Ya kalau melakukan seperti ini kan kita pertama kali, mungkin agak deg-degan juga,” ujarnya.

“Virus ini kan tersebar dimana-mana. Kita juga gak tahu kita tertular atau enggak, Wallahua'lam. Ya senanglah kita ingin tahu kesehatan kita seperti apa nanti," lanjut Hanif.

Bandara Soetta menjalankan protokol kesehatan terhadap WNI dan WNA yang baru tiba dari penerbangan internasional dengan  pemeriksaan suhu, tanda dan gejala Covid-19; pemeriksaan saturasi oksigen; pemeriksaan rapid test dan/atau PCR.
Bandara Soetta menjalankan protokol kesehatan terhadap WNI dan WNA yang baru tiba dari penerbangan internasional dengan pemeriksaan suhu, tanda dan gejala Covid-19; pemeriksaan saturasi oksigen; pemeriksaan rapid test dan/atau PCR. (Dok. AP II)

Sementara, Kepala Puskesmas Pisangan, Enting Susilawati, mengatakan, swab test massal itu dilakukan sebagai bentuk penelusuran atau tracking karena sebelumnya ada dua WNA Afganistan yang terjangkit Covid-19.

Keduanya kini dikarantina di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Kemudian diputuskan untuk lebih cepat memutus mata rantai Covid-19, maka hari ini dilakukan tes swab, walaupun hari libur tapi Labkesda tetap buka jadi kita bisa mengirim kesana," ujar Anting.

Para tahanan Polres Metro Jakarta Timur menjalani pemeriksaan swab test yang dilakukan jajaran Puskesmas Kelurahan Balimester untuk mencegah penyebaran Covid-19.
Para tahanan Polres Metro Jakarta Timur menjalani pemeriksaan swab test yang dilakukan jajaran Puskesmas Kelurahan Balimester untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Warta Kota/Junianto Hamongan)

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved