Breaking News:

Pencemaran Nama Baik

Gus Nur Ditahan di Rutan Bareskrim, Polri: Silakan Pihak yang Keberatan Ajukan Praperadilan

Gus Nur ditahan di Rutan Bareskrim Mabes Polri sejak Minggu (25/10). Polri persilakan pihak-pihak yang keberatan penahanan mengajukan praperadilan.

Layar tangkap Youtube
Sugi Nur Raharja alias Gus Nur ditahan di Rutan Bareskrim Mabes Polri sejak Minggu (25/10/2020). Polri persilakan pihak-pihak yang keberatan penahanan mengajukan praperadilan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Gus Nur ditahan di Rutan Bareskrim Mabes Polri sejak Minggu (25/10/2020). Polri persilakan pihak-pihak yang keberatan penahanan mengajukan praperadilan.

Sugi Nur Raharja alias Gus Nur ditangkap di kediamannya di Kecamatan Pakis, Malang, Jawa Timur, Sabtu (24/10) dini hari.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mempersilakan pihak-pihak yang keberatan dengan penahanan tersangka Sugi Nur Raharja alias Gus Nur agar mengajukan praperadilan.

Video: Detik-detik Gus Nur Ditangkap di Rumahnya

Menurut dia, sesuai dengan Pasal 77 KUHAP, pihak yang tidak setuju dengan penangkapan, penahanan, hingga penetapan tersangka bisa mengajukan praperadilan.

"Baik tersangka, keluarga maupun kuasanya bisa mempraperadilankan Kepolisian. Selama ini Kepolisian sudah melaksanakan tugas secara profesional," kata Awi di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (26/10/2020).

Baca juga: Polri Minta Gus Nur Ajukan Praperadilan Jika Keberatan Soal Penangkapan dan Penetapan Tersangka

Baca juga: Gus Nur Ditangkap karena Diduga Hina NU, PCNU Kabupaten Cirebon Gelar Syukuran

Saat ditanya tentang ketidaksetujuan para simpatisan dan kuasa hukum Gus Nur terhadap penangkapan Gus Nur, menurut Awi, itu merupakan hal biasa.

Sementara terkait penangguhan penahanan, Awi menuturkan bahwa hal tersebut juga boleh diajukan pihak kuasa hukum.

Namun demikian dikabulkan atau tidaknya, hal itu tergantung penyidik.

"Terkait penangguhan penahanan, silakan saja mengajukan. Namun, itu merupakan hak prerogatif penyidik untuk menyetujui atau tidak," kata Awi.

Baca juga: Dijerat Undang-undang ITE, Bareskrim Tangkap Gus Nur di Malang

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved