Breaking News:

Pilkada Tangsel

KPU Kota Tangsel Akomodasi Suara Pemilih Disabilitas pada Pilkada Serentak 2020

KPU Kota Tangsel telah memastikan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2020 Kota Tangsel.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Valentino Verry
Rizki Amana
Komisioner KPU Kota Tangsel Divisi Teknik, Ajat Sudrajat saat ditemui di Gedubg KPU Kota Tangsel. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - KPU Kota Tangsel telah memastikan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2020 Kota Tangsel. 

Komisioner KPU Kota Tangsel Divisi Data, Ajat Sudrajat, mengatakan pihaknya mencatat sebanyak 976.019 orang bakal memiliki hak suara pada kontestasi pemilihan kepala daerah itu. 

"Total keseluruhan penyandang disabilitas Tangsel dalam pemilihan 2020 sejumlah 761 terdiri dari laki-laki sebanyak 414 orang, perempuan sebanyak 347 orang," kata Ajat, Senin (26/10/2020).

Pasangan calon (paslon) Kandidat Pilkada Tangsel, Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan memamerkan nomor urut 3 miliknya.
Pasangan calon (paslon) Kandidat Pilkada Tangsel, Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan memamerkan nomor urut 3 miliknya. (Warta Kota)

Ajat menuturkan, dari jumlah tersebut terkategori dalam empat kategori yakni disabilitas fisik, intelektual, mental, dan sensorik. 

Pada kategori disabilitas fisik sebanyak 379 orang, disabilitas intelektual sebanyak 43 orang, disabilitas mental 206 orang, dan disabilitas sensorik sejumlah 132 orang. 

Sementara itu, kata Ajat jumlah pemilih disabilitas pada Pilkada 2020 Kota Tangsel meningkat dibanding pada perhelatan Pemilu 2019. 

Alat Peraga Kampanye Pilkada Tangsel bertebaran
Alat Peraga Kampanye Pilkada Tangsel bertebaran (Tribunnews)

"Kenaikan iya, dulu kan di Pemilu 2019 penyandang disabilitas ada di angka lima ratusan, kalau sekarang sudah mencapai 761 jadi ada kenaikan sekitar dua ratusan," pungkasnya. 

Adapun dari total DPT tersebut pihak KPU Kota Tangsel menargetkan partisipasi sumbangan suara pada hari pencoblosan di tanggal 9 Desember 2020 sebesar 70 persen.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved