Breaking News:

Pilkada Serentak

Berpasangan dengan Audy Joinaldy, Elektabilitas Mahyeldi Ungguli Lawannya Dalam Pilgub Sumbar

Berpasangan dengan Audy Joinaldy, Elektabilitas Mahyeldi Ungguli Tiga Kontestan Dalam Pilgub Sumbar. Pasalnya, Sosok Audy disukai Kaum Milenial Sumbar

Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatra Barat (Sumbar) tahun 2020 menarik perhatian banyak pihak.

Pasalnya, berbeda dengan wilayah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di lainnya, Pilgub Sumbar merupakan salah satu kontestasi yang diperebutkan empat pasangan calon.

Empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat itu antara lain Pasangan nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukhni, pasangan nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri, pasangan nomor urut 3 Fakhrizal-Genius Umar dan pasangan nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy.

Sehingga, kontestasi Pilgub Sumbar menjadi sangat dinamis.

Baca juga: Hasil dan Klasemen MotoGP, Franco Morbidelli Juara MotoGP Teruel 2020, Joan Mir Kokoh di Klasemen

Hal tersebut diungkapkan Direktur SBLF Riset & Kandidat Doktor UNP Edo Andrefson.

Dipaparkannya, berdasarkan hasil survei terbaru Pilgub Sumbar, pasangan calon Mahyeldi-Audy Joinaldy unggul dibandingkan kontestan lainnya.

"Pemilihan saat ini dengan jarak 10 persen dengan posisi nomor dua, yaitu Mulyadi-Ali Mukhni, selanjutnya disusul Nasrul Abit-Indra Catri dan posisi terakhir Fakhrizal-Genius Umar," jelasnya dalam siaran tertulis pada Minggu (25/10/2020).

Mahyeldi yang kini menjabat sebagai Walikota Padang itu katanya mendapatkan dukungan mayoritas dari pemilih Kota Padang dan beberapa daerah besar di Sumatra Barat.

Baca juga: Adek Erfil Manurung Tegaskan Kepengurusan Resmi Laskar Merah Putih, LMP Lainnya Dinyatakan Ilegal

Dari hasil riset didapatkan bahwa pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy didukung oleh pemilih milenial dan pemilih muda.

Pasangan ini diungkapkan Edo mendapatkan keuntungan, karena merupakan pasangan Cagub yang paling muda dan memiliki cawagub yang berasal dari kalangan milenial.

"Dari penggunaan media sosial dan aktivitas kampanye, lebih banyak menyentuh kaum muda," jelas Edo.

"Begitupun pemilih emak-emak, kharisma seorang datuak dan ulama mahyeldi audy paling banyak diminati kaum bundo kanduang," tambahnya.

Baca juga: Tunjukkan Surat Kemenkumham, Kepengurusan Sah di Bawah Kepemimpinan Adek Erfil Manurung

Alasan memilih paslon, lanjutnya, dari rekam jejak dan karakter membuat pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy mengungguli jauh.

Sebab kesuksesan memimpin kota padang yang menjadi ibukota provinsi yang menjadi sorotan warga seluruh kabupaten atau kota di Sumbar.

"Ditambah sorotan mahyeldi sebagai seorang datuak dan ulama yang mencirikan karakter pemimpin Sumbar yang ideal," jelasnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved