Breaking News:

Libur Panjang

Jelang Libur Panjang, Ditlantas Polda Metro Siapkan Rekayasa Lalin dan Petakan Titik Rawan Macet

Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa contraflow dan one way di jalan Tol Trans Jawa mengantisipasi kemacetan saat libur panjang.

Warta Kota
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Bundaran HI Jakarta, Minggu (2/8/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa contraflow dan one way di jalan Tol Trans Jawa dalam mengantisipasi kemacetan di saat pekan libur panjang, 28 Oktober sampai 1 November mendatang.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak guna memastikan arus lalu lintas tetap aman dengan menyiapkan skenario contraflow ini.

“Kami siapkan skenario contraflow maupun one way di Tol Trans Jawa. Ini sudah dikoordinasikan dengan pihak Korlantas karena terhubung dengan Polda Jabar untuk pengamanan di jalan tolnya termasuk juga skenario-skenarionya itu," kata Sambodo, Jumat (23/10/2020).

Ia mengatakan penutupan elevated juga dimungkinkan sifatnya situasional. "Ini tergantung situasi di lapangan,” kata dia.

"Sejumlah titik rawan kemacetan juga sudah kami petakan. Diantaranya di Tol Cawang Km 10 yang naik elevated atau ke Tol Jakarta-Cikampek. Kemudian di Cikarang Barat, dan Cikarang Utama," kata dia.

Baca juga: KHAWATIR Muncul Klaster Covid-19 Akibat Libur Panjang, Ini yang Akan Dilakukan Pemprov DKI

Baca juga: Kepala BNPB Doni Monardo Anjurkan Masyarakat Tetap di Rumah Saja Saat Libur Panjang Pekan Depan

Menurutnya sejumlah titik di dekat rest area juga akan menjadi perhatian utama karena umumnya kemacetan terjadi di titik-titik tersebut.

Hal ini karena banyaknya pengemudi kendaraan yang beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

"Yakni rest area di Km 19. Kami perkirakan di titik ini arus baliknya yang cukup padat. Juga di titik pertemuan dari arah Bandung dan dari arah Jakarta di Km 62. Di beberapa titik rest area ini kita perkuat personel di sana,” katanya.

Menurut Sambodo puncak arus libur panjang diperkirakan terjadi pada Selasa (27/10/2020) malam sampai Rabu (28/10/2020) pagi.

Baca juga: Anies Baswedan Instruksikan Jajarannya Tak Liburan Saat Libur Panjang, Antisipasi Klaster Corona

Sementara, arus baliknya diperkirakan terjadi pada Minggu (1/11/2020) hingga Senin (2/11/2020) Subuh.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved