Breaking News:

CSR

Bersama Habitat for Humanity Indonesia, Samsung Bangun 108 Rumah Layak Huni di Kabupaten Bangka

Selama program ini berjalan, 2017-2020, sudah lebih dari 4.704 keluarga di Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka dapat dilayani.

Istimewa
Program Revitalisasi Pengembangan Masyarakat di Kabupaten Bangka, hasil kolaborasi Habitat for Humanity Indonesia, Samsung Electronics Indonesia, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka. 

“Kolaborasi yang baik ini telah mewujudkan tersedianya 108 rumah layak huni, 200 sambungan air bersih, 5 MCK dan 1.500 meter lebih drainase, kelas berbasis teknologi, dan berbagai kelompok usaha..”

WARTAKOTALIVE.COM - Keterbatasan hunian yang layak masih menjadi masalah utama penyediaan rumah di Indonesia, salah satunya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Di sana, masih terdapat ribuan keluarga yang tidak memiliki rumah layak, padahal rumah merupakan kebutuhan dasar dan cerminan dari jati diri berperan strategis dalam pembentukan watak serta kepribadian bangsa.

Kondisi ini mendorong Habitat for Humanity Indonesia sejak 2017 berkolaborasi dengan Samsung Electronics Indonesia dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka memulai program 'Revitalisasi Pengembangan Masyarakat di Kabupaten Bangka'.

Program ini dilakukan untuk mengembangkan wilayah perumahan dan permukiman dengan membangun rumah, fasilitas toilet umum, akses air bersih, sanitasi, dan fasilitas pendidikan berbasis teknologi.

Adapun selama program ini berjalan sejak 2017 hingga 2020, sudah lebih dari 4.704 keluarga di Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka dapat dilayani.

Baca juga: Kampanye Cadbury bagi Kebaikan Penuhi Nutrisi Anak Telantar di 8 Daerah, Berawal dari Sang Pendiri

Baca juga: Ini Berbagai Program RISE 2.0 Maybank Indonesia untuk Tingkatkan Pendapatan Penyandang Disabilitas

108 Rumah layak huni

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bangka Pan Budi Marwoto mengatakan bahwa proyek ini telah berhasil menekan angka kemiskinan dan penurunan angka stunting secara signifikan serta mampu meningkatkan akses ketersediaan infrastruktur dasar masyarakat terutama air bersih dan sanitasi layak. 

“Kolaborasi yang baik ini telah mewujudkan tersedianya 108 rumah layak huni, 200 sambungan air bersih, 5 MCK dan 1.500 meter lebih drainase, kelas berbasis teknologi, dan berbagai kelompok usaha,” ungkap Pan Budi Marwoto saat webinar program 'Revitalisasi Pengembangan Masyarakat di Kabupaten Bangka', Selasa (20/10/2020).

Baca juga: Donasi 50 Ventilator Senilai Rp 20,8 Miliar, Total Astra Bantu Tanggulangi Covid-19 Rp 151,8 Miliar

Baca juga: Dukung Mobilitas Instansi Publik saat Pandemi Covid-19, Hankook Tire Donasi Ban PCR dan LTR

Pan Budi mengatakan, kasus stunting, diare, kematian balita, sangat erat hubungannya dengan perumahan.

Perumahan yang tidak memiliki sanitasi yang sehat akan berdampak pada generasi muda Indonesia ke depan.

Halaman
123
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved