Breaking News:

Berita Bekasi

Pemkot Bekasi Talangi Biaya Perawatan Pasien Covid-19 RS Swasta yang Ditolak Kemenkes

Pada tahun 2020 ini terdapat dana sebanyak Rp 150 miliar yang disiapkan untuk LKM.

Warta Kota/Rangga Baskoro
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati saat ditemui di Bekasi, Kamis (24/9/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI -- Persoalan penundaan klaim (dispute claim) biaya perawatan pasien Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan sedang membelit pengelola 37 rs swasta rujukan.

Pasalnya, cukup banyak klaim rs swasta yang ditolak meski telah berkali-kali mengajukannya ke BPJS Kesehatan lantaran permasalahan administrasi.

Oleh sebab itu, Pemkot Bekasi menyiapkan dana Layanan Kesehatan Masyarakat (LKM) untuk membiayai fasilitas kesehatan pasien Covid-19 yang tidak dibayarkan Kemenkes.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati menyebutkan pada tahun 2020 ini terdapat dana sebanyak Rp 150 miliar yang disiapkan untuk LKM.

Baca juga: VIDEO Seorang Mahasiswa di Bekasi Nyambi Jual Narkoba Buat Bayar Uang Kuliah

Namun, dia tak menyebut rinci dari total dana LKM tersebut, berapa yang disiapkan untuk biaya klaim pasien Covid-19 nantinya

"Pastinya LKM akan mengakomodir, apabila ada keterangan yang jelas dari Kementerian Kesehatan kenapa klaim biaya fasilitas kesehatan pasien Covid-19 yang diajukan rumah sakit ditolak," kata Tanti kepada wartawan, Kamis (22/10/2020).

Sebelum bisa dibayarkan Pemkot Bekasi, pihaknya terlebih dahulu harus melakukan pengecekan terhadap rs swasta dan disertai dengan bukti penolakan klaim.

Baca juga: Miris, Tidak Ada Biaya, Seorang Mahasiswa di Bekasi Nekat Jual Sabu Buat Bayar Uang Kuliah

"Kita harus memastikan dulu kalau memang itu ditolak oleh Kemenkes. Ditolaknya karena apa, apakah karena berkasnya tidak lengkap, diagnosanya atau apa," ucapny.

Sampai saat ini kata Tanti, pihak Pemkot belum menerima pengajuan dari rumah sakit bahwa ada dokumen pasien Covid-19 yang ditolak oleh Kemenkes.

Menurut dia, Kemenkes sampai saat ini masih rutin membiayai perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit.

Baca juga: Kejari Jaksel Ciduk Petinggi Perusahaan yang Salahgunakan Data Karyawan untuk Utang Bank

Halaman
123
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved