Breaking News:

Omnibus Law

VIDEO Polda Metro Sebut Unras Tolak UU Omnibus Law Berjalan Damai, Tapi Ada 33 Pemuda yang Diamankan

Meski begitu kata dia ada sebanyak 270 pemuda yang diamankan pihaknya dalam aksi demonstrasi menolak Undang-undang Cipta Kerja, Selasa (20/10/2020).

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Murtopo
Wartakotalive.com/Budi Sam Law Malau
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus 

WARTA KOTA, SEMANGGI -- Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyatakan bahwa aksi demonstrasi menolak Undang-undang Omnibus Law di Jakarta, Selasa (20/10/2020) kemarin, berjalan dengan damai tertib dan lancar.

"Alhamdulillah unjuk rasa kemarin, berjalan dengan damai, aman dan kondusif, walaupun ada riak-riak sedikit ya," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Rabu (21/10/2020).

Menurutnya pihaknya sudah mengevaluasi dan mengantisipasi agar tidak terjadi kerusuhan dalam aksi.

"Dalam evaluasi kita baca bahwa kericuhan biasanya terjadi saat lintas ganti atau usai aksi digelar Karenanya kemarin kita kawal massa mahasiswa dan buruh sampai mereka pulang ke tempat masing-masing," kata Yusri.

Pihaknya kata Yusri juga sudah meminta kepada setiap kelompok yang melakukan aksi demonstrasi agar mampu memproteksi kelompoknya dari para perusuh yang akan menyusup masuk dan memicu kericuhan.

"Bahkan teman-teman mahasiswa juga marah, jika ada orang lain atau masa yang tidak dikenal, masuk dalam kelompok mereka saat unjuk rasa kemarin," kata Yusri.

Baca juga: 270 Pemuda Diamankan dalam Aksi Unjuk Rasa Selasa Kemarin, Sebagian Besar Pelajar di Bawah Umur

Meski begitu kata dia ada sebanyak 270 pemuda yang diamankan pihaknya dalam aksi demonstrasi menolak Undang-undang Cipta Kerja, Selasa (20/10/2020) kemarin.

"33 orang diamankan di Mapolda Metro Jaya, sementara sisanya diamankan di Polres dan Polsek jajaran di wilayah Hukum Polda Metro Jaya," kata Yusri, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (21/10/2020).

Baca juga: Bulan Depan Buruh Gelar Unjuk Rasa Akbar Lagi, Tuntut DPR Lakukan Legislative Review UU Cipta Kerja

Semuanya kata Yusri sudah dipulangkan dan dikembalikan ke keluarga masing-masing sejak Rabu dini hari hingga siang ini.

"Pemulangan setelah semuanya kami data dan kami panggil orang tuanya untuk membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya," ujar Yusri.

Baca juga: Datang ke Lokasi Unjuk Rasa, Kapolda Metro Janji Upayakan Perwakilan Mahasiswa Bertemu Staf Presiden

Dari hasil pendataan kata dia sebagian besar yang diamankan itu adalah para pelajar, kelompok anarko dan ada pula pengangguran.

"Sebagian besar mereka, adalah pelajar di bawah umur," kata Yusrim

Mereka menurut Yusri, diamankan sebelum dan pasca aksi demonstrasi dilakukan secara damai.(bum)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved