Breaking News:

Bola Basket

Penilaian Pemain Terbaik Indonesia Basketball League, Begini Saran Pebasket Senior Galank Gunawan

Galank Gunawan mengusulkan supaya sistem penilaian pemain atau pelatih terbaik IBL (IBL Awards) melibatkan para pemain serta pelatih.

iblindonesia.com
Para pebasket profesional ketika berlaga di salah satu pertandingan di kompetisi basket tertinggi di Indonesia yaitu Indonesian Basketball League (IBL). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Galank Gunawan, salah seorang pebasket senior yang berlaga di Indonesian Basketball League (IBL), melontarkan usulan.

Galank Gunawan mengusulkan supaya sistem penilaian pemain atau pelatih terbaik IBL (IBL Awards) melibatkan para pemain serta pelatih.

Menurutnya, pola penilaian tersebut diterapkan kala kompetisi bola basket di Indonesia dikelola oleh National Basketball League (NBL).

Basket
Basket (Lifealth)

Galank Gunawan menekankan, sistem penilaian yang diterapkan IBL dengan 'rasa' NBA tahun ini, lalu memasukkan penilaian jurnalis, disebutnya sebagai keputusan yang kurang tepat.

"Setau sy, penentuan siapa peraih IBL awards ini adalah berada di tangan 15 jurnalis terpilih," tulis pebasket Louvre Surabaya tersebut di dinding komentar akun Instagram @mainbasket.

"And let's be honest, jumlah ini bisa dibilang kurang dan mungkin tidak semua jurnalis memiliki deep knowledge dan research ttg para pemain dan situasi real game di lapangan," lanjutnya.

Baca juga: Proses Naturalisasi Gelandang Persija Marc Klok dan 3 Atlet Basket Disetujui Pemerintah RI

Baca juga: IBL Terima Dua Klub Baru Bali United Basketball Dan West Bandits Solo Untuk Musim 2021

IBL, melalui situs iblindonesia.com, menyebutkan, peraih IBL Awards 2020 tidak cuma dinilai dari performa berdasarkan statistik semata.

Penampilan di luar faktor teknis dan statistik hanya menjadi salah satu faktor utama.

Penentu siapa peraih IBL Awards ada di tangan 15 jurnalis yang memberi peringkat pada 3 nominee masing-masing kategori, kecuali empat nominee dalam kategori MVP.

Timnas putra Indonesia ikut juga bergabung di kompetisi IBL musim lalu
Timnas putra Indonesia ikut juga bergabung di kompetisi IBL musim lalu (iblindonesia.com)

Unsur penilaian di luar statistik adalah bagaimana karakter pemain, peran dia dalam membawa tim, sikap dan cara komunikasi mereka ke wasit, sikap dan respek mereka terhadap lawan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved