Breaking News:

Berita Jakarta

Legislator DKI Soroti Pengelolaan Tempat Wisata Setu Babakan, Para Pedagang Bukan Warga Sekitar

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Demokrat Achmad Nawawi menyoroti pengelolaan tempat pariwisata di kawasan Setu Babakan, Jagakarsa.

Wartakotalive.com/Fitriyandi Al Fajri
Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Demokrat Achmad Nawawi saat sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 tahun 2016 tentang Kepariwisataan, Senin (19/10/2020), menyoroti pengelola tempat wisata Setu Babakan. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Legislator DKI Jakarta menyoroti pengelolaan tempat pariwisata di kawasan Setu Babakan, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, para pedagang di sana kebanyakan bukanlah warga sekitar, tapi para pedagang dari luar wilayah setempat.

Hal itu diungkapkan anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Demokrat Achmad Nawawi saat sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 tahun 2016 tentang Kepariwisataan.

Video: Sudah Dibuka untuk Umum, Lapangan Banteng Ramai Dikunjungi Warga

Sosialisasi itu digelar di hadapan warga Kelurahan Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Minggu (18/10/2020) siang.

“Banyak informasi bahwa pedagang di situ kebanyakan bukan warga sekitar alias orang jauh. Kemudian, harga jajanannya juga mahal,” kata Nawawi berdasarkan keterangan yang diterima pada Senin (19/10/2020).

Nawawi mengatakan, kondisi ini tentunya harus jadi perhatian pengelola untuk memperbaiki sistem tersebut.

Harapannya kawasan Setu Babakan ramai dikunjungi wisatawan dan bisa mensejahterakan warga sekitar.

Baca juga: Mulai Senin 14 September 2020 Layanan Kolam Terapi Ikan Setu Babakan Jagakarsa Tutup

Baca juga: Diresmikan Wali Kota Jaksel, Kolam Terapi Ikan di Setu Babakan Disebut Sudin SDA Ide Dadakan

“Penataan destinasi wisata di Jakarta harus dilakukan, selain demi meningkatkan daya saing global, juga untuk menarik minat pengunjung,” ujar pria yang juga menjadi Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD DKI Jakarta ini.

Dalam kesempatan itu, Nawawi juga melaksanakan instruksi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk memberikan bantuan fasilitas tambahan kepada pelaku UMKM.

Nawawi memberikan satu peralatan internet gratis (Wi-Fi) untuk 14 UMKM yang menjadi binaannya di Kelurahan Cipedak.

“Nanti akan kami evaluasi setelah tiga bulan, mungkin si penerima pertama akan dikasih lagi bantuan berikutnya, atau bantuan berikutnya akan diberikan kepada teman-teman UMKM yang lain,” katanya.

Baca juga: Pengunjung Setu Babakan Diyakini Membeludak, Polsek Jagakarsa Fokus Sosialisasi Protokol Kesehatan

Sementara itu salah satu narasumber bernama Supriyatin mengatakan, warga sekitar kawasan wisata harus bisa menjaga lingkungannya demi kepentingan bersama.

Masyarakat setempat juga harus diberdayakan, dengan harapan perekonomian mereka meningkat.

“Misalnya bagi yang ahli membuat mainan dan mengolah makanan khas Betawi, harus dibina dengan baik dan disalurkan potensi mereka oleh dinas terkait,” kata Supriyatin. (faf)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved