Breaking News:

Berita Karawang

Ini Alasan Dishub Karawang Dukung Rencana Bebas Kendaraan ODOL di Tahun 2023

Dishub Kabupaten Karawang mendukung penuh rencana Dirjen Perhubungan Darat dalam upaya pemberantasan kendaraan over dimension over load (ODOL) di 2023

Wartakotalive/Junianto Hamonangan
Ilustrasi: Pelarangan kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL) di ruas jalan tol Tanjung Priok-Jakarta-Cikampek-Bandung diterapkan mulai hari ini, Senin (9/3/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang mendukung penuh rencana Dirjen Perhubungan Darat dalam upaya pemberantasan kendaraan over dimension over load (ODOL) di tahun 2023.

Dengan upaya dinormalisasi kembali seperti keadaan semula ini diharapkan mencegah kendaraannya yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk kepentingan perusahaannya.

"Kami mendukung langkah dari Dirjen Perhubungan Darat melakukan razia secara persuasif," kata Kepala UPTD PKB Dishub Karawang Ayeh Kosasih Minggu (18/10/2020).

Video: Warta Kota Gowes, Bersepeda Mendaki Bukit Hambalang

Sesuai dengan rencana Dirjen Perhubungan Darat, nantinya perusahaan yang memiliki kendaraan ODOL tidak langsung ditindak tapi diberi pengertian agar kendaraannya dikembalikan kebentuk awal.

Adapun ciri ciri Kendaraan ODOL yang telah di modifikasi biasa memiliki lebih panjang dan lebih tinggi.

Hal ini dilakukan oknum perusahaan demi kepentingan agar dapat membuat banyak angkut barang.

Baca juga: Kepala Korlantas Polri Ancam Pengubah Karoseri jadi Truk ODOL dengan Hukuman Penjara

Baca juga: VIDEO: Operator dan Karoseri Jadi Dalang Maraknya Kendaraan ODOL

"Kami menghimbau agar kendaraan ODOL segera difungsikan seperti semula. Secara bertahap kami akan melaksanakan aturan Kementerian Perhubungan agar terbebas dari ODOL," katanya.

Selain itu, dirinya juga harap agar perusahaan pemilik kendaraan ODOL untuk melakukan normalisasi sendiri kendaraannya kembali seperti semula.

Hal itu juga akan memudahkan saat proses uji KIR tidak mengalami hambatan.

Baca juga: Dirjen Hubdat Kemenhub Tuding Operator dan Karoseri sebagai Penyebab Munculnya Kendaraan ODOL

"Jadi kami sangat bergembira jika normalisasi kendaraan ODOL bisa dilakukan dengan kesadaran sendiri pemilik perusahaan. Sehingga ketika melakukan Uji KIR tidak mengalami hambatan" ucapnya. (JOS).

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved