Breaking News:

Berita Jakarta

Peringati Hari Pangan Sedunia, Pembangunan Sektor Pertanian Harus Manfaatkan Iptek

Ketua Aliansi Kebangsaan Pontjo Sutowo, sebut membangun ketahanan pangan nasional harus diupayakan utamanya melalui pembangunan sektor pertanian.

Istimewa
Ketua Aliansi Kebangsaan dan Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI), Pontjo Sutowo 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Aliansi Kebangsaan, Forum Rektor Indonesia, dan Harian Kompas kembali menyelenggarakan Focus Group Discussin secara virtual.

Diskusi yang mengangkat topik ‘Gerakan Transformasi Menuju Ekonomi Pengetahuan (Knowledge Base Economy) ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Pangan Sedunia ke-40.

Diskusi ini menghadirkan Ketua Forum Rektor Indonesia Prof. Arif Satria, Ketua Umum Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Prof. Satryo Soemantri Brodjonegoro, dan Ketua Umum HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Mardani H. Maming.

Adapun para nara sumber dalam diskusi yang dimoderatori Mayjen (Pur) I Dewa Putu Rai ini, yaitu Prof. Ahmad Erani Yustika, Ir. Bambang Prijambodo, Dr. Aiyen Tjoa, dan Sdr. Robert Muda Hartawan.

Dalam pengantarnya, Ketua Aliansi Kebangsaan Pontjo Sutowo, menyampaikan bahwa membangun ketahanan pangan nasional harus terus diupayakan utamanya melalui pembangunan sektor pertanian dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Seperti sudah dipahami bersama, ilmu pengetahuan dan teknologi telah menyebabkan terjadinya pergeseran paradigma perekonomian dunia.

Yang semula berbasiskan pada sumberdaya (Resource Based Economy) menjadi perekonomian yang berbasiskan pengetahuan (Knowledge Based Economy).

Karenanya, lanjut Ketua FKPPI, ini peningkatan kapasitas iptek adalah kunci sukses meraih dayasaing yang sangat menentukan kemandirian ekonomi suatu bangsa.

Model ekonomi berbasis pengetahuan, dapat menstimulasi kreativitas dalam penerapan pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kekayaan dan lingkungan alam dapat didayagunakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup suatu bangsa.

Halaman
123
Penulis: Dodi Hasanuddin
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved