Kabar Bekasi

BPBD Kota Bekasi Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan pada Banjir dan Longsor

Pelaksana Harian Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Agus Harpa, meminta masyarakat untuk waspada pada bencana banjir.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Muhammad Azzam
Perumahan Bumi Nasio Indah, di Jalan Raya Jatimekar, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi menjadi lokasi terdampak banjir terparah pada Selasa (25/2/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Pelaksana Harian Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Agus Harpa, meminta masyarakat untuk waspada pada bencana banjir dan longsor di musim penghujan. 

Adanya RW Siaga, Pemuda Tanggap Bencana, dan Kelurahan Tangguh Bencana diharapkan juga berperan aktif bila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk evakuasi warga terdampak bencana banjir dengan memprioritaskan evakuasi terhadap orang tua, anak-anak dan wanita.  

Luapan air Kali Bekasi merendam rumah warga di Perumahan Pondok Gede Permai, Senin (18/5/2020) malam hingga Selasa (18/5/2020) pagi.
Luapan air Kali Bekasi merendam rumah warga di Perumahan Pondok Gede Permai, Senin (18/5/2020) malam hingga Selasa (18/5/2020) pagi. (Istimewa)

"Personil dan perahu karet disiagakan di 12 kecamatan yang ada. Dapur umum darurat juga sedia saat dibutuhkan," kata Agus Harpa, Jumat, (16/10/2020). 

Sebagai deteksi dini banjir, BPBD Kota Bekasi bersama stakeholder terkait memantau 24 jam perbatasan termasuk di lima titik pantau Kali Bekasi.

Ini penting dilakukan sebab banjir terjadi di wilayah perumahan yang berada di sekitar aliran Kali Bekasi.

Evakuasi warga.
Evakuasi warga. (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Apabila ketinggian air sudah mulai meningkat, dapat segera diinformasikan ke masyarakat agar siaga, sehingga bisa memanfaatkan waktu mengamankan seperti, surat berharga, perhiasan dan uang selain itu agar cepat mengevakuasi diri. 

"Informasi dari titik pantau cepat tersampaikan. Rata-rata bila hujan terjadi di hulu, 2-3 jam air kiriman datang. Ini ada jeda waktu masyarakat untuk berbenah diri," kata Agus.

BPBD Kota Bekasi menyiapkan sarana pengaduan melalui Call Centernya di nomor 081283957877.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved