Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Relawan Pemulasaran Jenazah Covid-19 Kota Depok Keluhkan Minimnya Peralatan

Kepala BPB Damkar Kota Depok, Denny Romulo, mengatakan, simulasi ini dilakukan di Kantor Damkar Kota Depok, Cilodong, Depok.

Dok. BPB Damkar Kota Depok
Relawan mengikuti simulasi pemulasaran jenazah Covid-19 yang dilaksanakan di Kantor Damkar Kota Depok, Cilodong, Depok, Kamis (15/10/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Masih adanya kasus kematian akibat Covid-19 di Kota Depok, tentu memerlukan penanganan khusus, utamanya dalam proses pemakaman.

Untuk memastikan penanganan dalam pemulasaran jenazah, Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran (BPB Damkar) Kota Depok melakukan simulasi pemulasaran jenazah Covid-19.

Kepala BPB Damkar Kota Depok, Denny Romulo, mengatakan, simulasi ini dilakukan di Kantor Damkar Kota Depok, Cilodong, Depok, Kamis (15/10/2020).

Hadir dalam simulasi tersebut adalah Dokter Ulya yang mengingatkan kepada para petugas pemulasaran untuk melakukan proses tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Dalam simulasi pemulasaran ini juga Dokter Ulya mengingatkan protokol kesehatan Covid-19 harus selalu ditaati sesuai dengan peraturan terbaru yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes)," papar Denny saat dihubungi Warta Kota, Kamis (15/10/2020).

Simulasi pemulsaran itu, kata Denny, juga diisi dengan diskusi. Di mana para relawan dapat menyampaikan masalah-masalah yang ditemui di lapangan.

Diskusi ini juga dikakukan dengan cara mencarikan solusi atas persoalan yang dihadapi para relawan ketika bertugas.

"Salah satu yang didiskusikan adalah relawan mengeluhkan tentang minimnya peralatan dalam menangani Pemulasaran Jenazah," kata Denny.

Atas persoalan tersebut, Denny mengaku BPB Damkar Kota Depok telah memberikan peralatan pendukung yang dibutuhkan para relawan.

Baca juga: Banyak Kader PKS Depok yang Dukung Pradi Supriatna Lantaran Tak Puas dengan Kepemimpinan

Diantatanya alat pelindung diri (APD), masker, sarung tangan latex (karet), face shield, alat semprot dan juga kain kafan.

"Semula jumlah relawan berjumlah 36 orang, saat ini tinggal 11 orang. Namun jumlah ini dirasa sudah cukup untuk pelayanan di Kota Depok," ujar Denny.

Selain dihadiri para relawan, diskusi dan simulasi pemulasaran ini juga dikatakan Denny turut dihadiri oleh perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemakaman Kota Depok.

Caption: dok BPB Damkar Depok

Relawan mengikuti simulasi pemulasaran jenazah Covid-19 yang dilaksanakan di Kantor Damkar Kota Depok, Cilodong, Depok, Kamis (15/10/2020).

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved