Breaking News:

Pilkada Karawang

Pengawas TPS untuk Pilkada Kabupaten Karawang Masih Kurang Orang, Bawaslu Perpanjang Pendaftaran

"Kami sudah menyiapkan APD dari semua dan rapid tes. Kedua, PTPS juga kami siapkan BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Warta Kota/Joko Supriyanto
Kantor Bawaslu Kabupaten Karawang. Bawaslu Karawang menyiapkan kader untuk mengantisipasi black campaign saat berlangsung Pilkada Karawang. 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG --- Sejak dibuka pendaftaran awal Oktober 2020, jumlah warga yang mendaftarkan diri menjadi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Pilkada Karawang 2020 belum memenuhi kuota yang ditentukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karawang.

Hanya saja di akhir pendaftaran yang jatuh pada 15 Oktober 2020, baru terdata sebanyak 3.800 peserta yang mendaftar. Sementara jumlah kuota yang dibutuhkan 4.451 orang.

Atas kondisi ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Karawang, Kursin Kurniawan menyangkal jika tidak ada minat warga untuk mendaftar sebagai pengawas TPS pada Pilkada Karawang 2020.

Justru pihaknya akan memperpanjang kembali pendaftaran jika nantinya kuota tersebut tidak terpenuhi sesuai batas tanggal yang telah ditentukan.

"Tetap harus jalan. Karena nanti ada perpanjangan kalau tidak terpenuhi. Seminggu nanti. Tapi ya sebenarnya kami harapkan di tanggal 15 (Oktober-- red) itu tidak ada perpanjangan," kata Kursin, Rabu (14/10).

Saat ini pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi dengan beberapa pihak terkait penetapan PTPS nanti.

Ia berharap nantinya para petugas PTPS dapat menjalankan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

"Mereka ini melakukan pengawasan TPS untuk mengawasi misalnya hak pilihnya yang datang sesuai atau tidak, PTPS juga menangani pelanggaran. Dia akan bikin laporan pengawasan dan melaporkan ke Panwascam," paparnya.

Terkait protokol kesehatan, Kursin juga akan memberikan beberapa alat perlindungan diri (APD) kepada para pengawas TPS, hal ini untuk mengantisipasi terjadi penularan Covid-19 di TPS.

"Kami sudah menyiapkan APD dari semua dan rapid tes. Kedua, PTPS juga kami siapkan BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved