Breaking News:

Jaga Aliran Air Tetap Lancar, Saluran Jalan Deli Diturap

Saluran air di Jalan Deli RT 04 RW 03, Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara akan ditutap untuk antisipasi banjir ketika musim hujan datang.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Pekerja menutup tepian saluran Jalan Deli dengan turap. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Saluran air di Jalan Deli RT 04 RW 03, Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara akan ditutap agar dapat berfungsi maksimal sekaligus untuk antisipasi banjir ketika musim hujan datang.

Lurah Koja Frimelda Novitara mengatakan bahwa pihaknya telah selesai melakukan gerebek lumpur di saluran air Jalan Deli Minggu (11/10/2020) kemarin.

Selanjutnya, pihak kelurahan berkoordinasi denga Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara agar melakukan penurapan saluran air di Jalan Deli karena kondisinya yang memprihatinkan.

Baca juga: Tidak Pakai Masker di Jalan Mangga, Ada 20 Warga Koja Diberikan Sanksi Sosial

“Kami melihat di beberapa lokasi ada bagian yang rusak dan rawan longsor. Untuk mencegah tanah masuk ke dalam saluran yang bisa menghambat jalan air, kita koordinasi untuk penurapan," ujar Frimelda.

Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Koja Jerry mengatakan pihaknya akan melakukan pemasangan turap baru di kedua sisi saluran Jalan Deli sepanjang 39,5 meter.

"Saluran air ini tidak ada turapnya. Kita pasang turap atas permintaan masyarakat untuk menjaga tanah di sekitar saluran terjaga dari longsor," kata Jerry.

Baca juga: Antisipasi Banjir, Saluran Air di Pademangan Timur Dibersihkan dari Lumpur

Sementara sebagai upaya mencegah longsornya sisi kanan dan kiri saluran, SDA Kecamatan Koja melakukan pemasangan batu belah.

"Pondasi kita buat setebal 30 sentimeter. Untuk memperkuat turap atas dan turap bawah kita tambahkan batu belah," tambahnya.

Jerry berharap penurapan saluran tersebut dapat membuat air mengalir dengan baik saat hujan turun. "Jadi tidak ada lagi keluhan warga, air tidak dapat mengalir," ungkap Jerry.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved