Konser Musik

Gelar Konser Musik Aman di Tengah Pandemi Covid-19, Simak Syarat yang Harus Dipatuhi Semua Orang

Ada banyak syarat yang harus dipatuhi penyelenggara pertunjukan musik sebelum konsernya dipertontonkan ke masyarakat.

Dokumentasi Rajawali Indonesia
Band Langit Sore saat bernyanyi di Prambanan Jazz Online yang digelar di Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (18/7/2020) sore. Pertunjukan musik di tengah pandemi Covid-19 mulai diwacanakan bisa digelar kembali dengan sejumlah syarat ketat. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pertunjukan musik di tengah pandemi Covid-19 mulai diwacanakan bisa digelar kembali.

Namun ada banyak syarat yang harus dipatuhi penyelenggara pertunjukan musik sebelum konsernya dipertontonkan ke masyarakat.

Di satu sisi, pandemi Covid-19 yang belum berhenti ini juga membuat para musisi dituntut untuk semakin kreatif supaya tetap 'hidup' dan berkarya.

Kahitna beraksi di Konser New Live! Experience yang digelar di Parkir Barat Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, berlangsung meriah. Konser New Live! Experience digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (29-30/8/2020).
Kahitna beraksi di Konser New Live! Experience yang digelar di Parkir Barat Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, berlangsung meriah. Konser New Live! Experience digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (29-30/8/2020). (Dokumentasi Berlian Entertainment)

Ari Julianto Gema, Staf Ahli Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan, pihaknya telah membuat panduan teknis, salah satunya sektor musik.

Panduan teknis itu bagaimana menyelenggarakan konser musik di era pandemi Covid-19.

"Di panduan teknis, kami mengacu protokol kesehatan Kementerian Kesehatan yang harus dilakukan konsisten setiap kegiatan, termasuk konser musik," kata Ari Julianto Gema, Senin (12/10/2020).

Baca juga: Rayakan 34 Tahun Berkarya, Kahitna Gelar Konser Virtual Tandamata 34 Tahun di Platform KaskusTV

Baca juga: Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Konser Dream Theater di Allianz Ecopark Jakarta Kembali Ditunda

Saat itu Ari Julianto Gema berbincang virtual dalam Diskusi Industri Musik dan Musisi Episode 2 Konser Aman di Tengah Pandemi Covid-19.

Selain Ari Julianto Gema, ikut berbicara pula Ahmad Sulintang (Deputi Direktur Bidang Kepesertaan Program Khusus BP Jamsostek) dan Widi Puradiredja, musisi sekaligus vokalis Maliq & D'Essentials.

Ikut memberikan pendapatnya Mulkan Kamaluddin (Ketua Umum Ivendo), Kadri Mohammad (musisi dan pengacara) serta Nongki Wisaksono (Ketua Iluni UI), dan Bowie Djati (musisi).

Suasana penampilan Kahitna di konser New Live Experience yang mengusung konsep drive-in konser, Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Sabtu (29/8/2020).
Suasana penampilan Kahitna di konser New Live Experience yang mengusung konsep drive-in konser, Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Sabtu (29/8/2020). (istimewa)

Menurut Ari Julianto Gema, panduan umum Kementerian Pariwisata dan Bekraf ini misalnya, tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

"Khusus pertunjukan musik, kami sudah buat aturan, misalnya musisi dan pendukung pertunjukan musik harus melakukan tes, baik tes swab dan rapid, dan hasilnya negatif Covid-19," katanya.

Ia menyarankan, setiap orang memakai peralatan pribadi dan tidak memakai peralatan bergantian dengan orang lain supaya tidak terpapar Covid-19.

Baca juga: Ingin Nonton Konser Virtual Prambanan Jazz Festival 2020, Ini Harga Tiketnya yang Terjangkau Kantong

Baca juga: Konser Dream Theater di Allianz Ecopark Ditunda Akibat Covid-19, Bagaimana Tiket yang Sudah Dibeli?

Penonton konser musik juga diupayakan berjarak.

Bagaimana mengaturnya, bisa melalui blocking area seperti konser musik di Newcastle, Inggris, atau drive in concert yang dilakukan Kahitna di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved