Breaking News:

Wisata

234 Acara MICE Ditunda akibat Covid-19, Wisata Singapura Rugi Rp 6,3 Triliun, Ini Langkah ke Depan

Industri MICE diperkirakan bisa kembali pulih pada kuartal pertama di tahun 2021, tetapi dengan sejumlah syarat. Apa itu?

YouTube
Broadcast Studio Hybrid di Sands Expo & Convention Centre merupakan studio yang disediakan Marina Bay Sands (MBS) untuk kebutuhan penyelengaraan MICE yang bisa diikuti secara fisik dan online. Studio ini dilengkapi layar LED berukuran 6x4 meter, dan dilengkapi dengan green screen studio, yang bisa menampilkan visual 360 derajat beresolusi tinggi. 

Singapore Tourism Board (STB) mencatat bahwa Singapura mengalami kerugian penerimaan pariwisata dari sektor MICE sebesar 587 juta dolar Singapura (atau Rp 6,3 triliun).

WARTAKOTALIVE.COM - Pandemi Covid-19 membuat semua negara memperketat pergerakan manusia agar tidak terjadi penularan kasus positif Covid-19 yang masif.

Salah satunya adalah Singapura yang memperketat masuknya warga negara bukan Singapura atau wisatawan asing untuk berkunjung ke negara tersebut.

Hal ini berdampak sekali pada sektor industri pariwisata, terutama kegiatan MICE (Meeting Incentive Convention and Exhibition) yang mengalami banyak penundaan akibat adanya pandemi Covid-19.

"Ada sebanyak 234 acara MICE atau pameran yang harus ditunda lantaran adanya pandemi," ungkap Asisten Manager Singapore Tourism Board (STB) Johannes Stevano Rahardjo dalam Webinar Singapore Tourism Board Indonesia MICE Forum 2020, Rabu (7/10/2020).

"Padahal setiap tahunnya ada sekitar 500-700 acara MICE yang diadakan di Singapura dengan mendatangkan pengunjung internasional sekitar 400.000 pengunjung,” imbuhnya.

Dengan adanya penundaan acara MICE tersebut, lanjut Johannes, Singapore Tourism Board (STB) mencatat bahwa Singapura mengalami kerugian penerimaan pariwisata dari sektor MICE sebesar 587 juta dolar Singapura (atau Rp 6,3 triliun).

Terapi Tertawa, Solusi Atasi Stres Menghadapi Pandemi Covid-19, Begini Penjelasannya

Kampanye Re.juve Cares, Dukungan Re.juve untuk Gaya Hidup Berkelanjutan sebagai Our New Normal

Pulih kuartal pertama 2021

Johannes mengungkapkan, industri MICE diperkirakan bisa kembali pulih pada kuartal pertama di tahun 2021, tetapi dengan syarat para peserta pameran wisata harus menjalankan protokol kesehatan ketika melakukan perjalanan.

"Proses pemulihan industri ini juga berproses, tidak serta merta langsung berubah. Pemulihan diawali dengan menerapkan beberapa protokol kesehatan yang ketat juga," ujarnya.

Terblokir, Ponsel Gaming Asus ROG Phone 3 Versi Resmi, Diduga IMEI Tak Terdaftar, Begini Kata Asus

12 Oktober Oppo Reno4 F Meluncur, Punya 6 Kamera dan Bodi yang Lebih Tipis dari Reno4, Harganya?

Tiga cara

Untuk itu, dalam hal ini STB terus bekerja sama dengan para stakeholder terkait mengembangkan industri MICE untuk pertumbuhan di masa depan.

"Melalui tiga cara, yaitu melalui safe travel itineraries untuk memberikan jaminan health and safety untuk menghadiri acara bisnis. Lalu, adanya pedoman atau roadmap untuk para pelaku industri MICE menyelenggarakan event. Sekaligus mengedepankan digitalisasi dan inovasi untuk meeting," kata Johannes.

Relaksasi Pajak Tak Kunjung Jelas, Ini Daftar Harga SUV Murah Oktober 2020, Mulai Rp 196,5 Juta

Relaksasi Pajak Masih dalam Mimpi, Ini Daftar Harga Mobil LCGC Oktober 2020 yang Masih Rp 100 Jutaan

Hybrid event

Untuk sekarang ini, lanjut dia, industri MICE juga mulai menunjukkan adanya perubahan yang bergeser dengan memanfaatkan model digitalisasi atau hybrid event.

Adapun konsep Hybrid Event ini merupakan kombinasi antara virtual event dengan fisik event.

Halaman
123
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved