Breaking News:

Serie A

Cinta Fiorentina ke Federico Chiesa Bertepuk Sebelah Tangan

Kepergian Federico Chiesa disambut amarah penggemar Fiorentina. Ini bukan pertama kali Fiorentina ditinggal pemain andalannya.

Penulis: Merdi Iskandar | Editor: Merdi Iskandar
Sidomi
Federico Chiesa 

Manajemen Fiorentina mengaku terpaksa melepas Federico Chiesa ke Juventus. Kata Fiorentina, cinta mereka kepada pemain andalannya itu bertepuk sebelah tangan.

Juventus mendapatkan Chiesa dari La Viola menjelang ditutupnya bursa transfer pemain pada musim panas, Selasa (6/10) dini hari WIB. Juara bertahan Serie A itu merekrut Chiesa dengan kontrak peminjaman selama dua tahun.

Peminjaman tersebut menghabiskan dana sebesar 10 juta euro. Namun, I Bianconeri wajib mempermanenkan Chiesaaa dengan membayar 40 juta euro ditambah bonus 10 juta euro pada tahun 2022.

Kepergian Chiesa disambut amarah penggemar Fiorentina. Ini bukan pertama kali Fiorentina ditinggal pemain andalannya. Beberapa tahun lalu Federico Bernardeschi melakukan hal yang sama dan yang paling parah adalah Roberto Baggio.

Dalam beberapa kesempatan Fiorentina selalu mengatakan tidak akan menjual Chiesa ke klub manapun, apalagi Juventus. Sementara Juventus sudah melakukan pendekatan kepada dia sejak lama.

Kali ini Fiorentina tidak berdaya, karena sedang membutuhkan dana agar bisa bertahan hidup dalam situasi pandemi virus corona seperti sekarang. “Anda tidak bisa melanjutkan sebuah hubungan jika cinta bertepuk sebelah tangan,” kata Direktur Fiorentina, Daniele Prade, dalam konferensi pers, seperti dikutip Football Italia.

“Memang begitu adanya. Namun, dari segi ekonomi dan juga olahraga, ini adalah operasi yang sangat bagus buat kami, sebab 60 juta euro itu bernilai besar di bursa transfer saat ini,” lanjutnya.

Maksud Prade mengenai cinta bersebelah tangan adalah Fiorentina sejatinya ingin mempertahankan Chiesa, bahkan sudah menyiapkan kontrak baru untuknya. Namun, hati Chiesa sudah tidak lagi bersama La Viola.

“(Presiden Fiorentina, Rocco) Commisso telah memberinya begitu banyak cinta dan sangat dengan senang hati ingin mempertahankan dirinya, tetapi itu tidak mungkin. Kami sudah mencoba sampai akhir untuk menawarinya kontrak baru untuk bertahan bersama kami, tetapi di dalam benaknya, tidak sampai lima persen itu akan terjadi,” kata Prade.

Chiesa bukan satu-satunya pemain Fiorentina yang bergabung dengan Juventus. Roberto Baggio dan Federico Bernardeschi lebih dulu melakukannya. Sama seperti Chiesa, Baggio dan Bernardeschi hengkang saat penggemar Fiorentina sedang mengidolakannya. Tidak heran jika mereka mendapatkan reaksi yang negatif dari penggemar Fiorentina.

Chiesa merasakan pengalaman yang sama dengan kedua seniornya itu saat melakukan tes medis di Florence. Tes itu tidak bisa dilakukan di markas Juventus, karena harus kejar-kejaran dengan batas akhir bursa transfer pemain. Selain itu Chiesa juga sedang melaksanakan tugas memperkuat tim nasional Italia.

Begitu proses tes medisnya rampung pada sore hari waktu setempat, dia kembali ke lokasi latihan Gli Azzurri. Selama perjalanan dia mendapatkan berbagai macam umpatan dari penggemar Fiorentina yang sudah menunggu kehadirannya.

Seiring dengan rampungnya transfer Chiesa, Juventus juga mengumumkan kepindahan Douglas Costa. Pemain berdarah Brasil tersebut kembali ke klub lamanya, Bayern Munchen, dengan skema pinjaman.

Chiesa menjadi pemain mayor keempat di bursa transfer musim panas ini. Sebelumnya, sang juara bertahan Serie A tersebut sudah mendatangkan Arthur Melo, Alvaro Morata, beserta Weston McKennie.

Total Bianconeri menghabiskan uang senilai 36,5 juta euro. Dengan rincian 24,5 juta euro untuk nilai peminjaman Chiesa, Morata, dan Mckennie, serta 12 juta euro sebagai selisih harga dalam pertukaran Arthur dengan Miralem Pjanic.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved