Buruh Tanjung Priok Gelar Aksi Demo di Pelabuhan Tolak RUU Cipta Kerja

Ratusan buruh menggelar aksi unjuk rasa yang digelar di depan gerbang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/10/2020).

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Buruh Tanjung Priok bersiap demo menolak RUU Cipta Kerja. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ratusan buruh menggelar aksi unjuk rasa yang digelar di depan gerbang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/10/2020).

Aksi demo di Jalan Sulawesi oleh ratusan buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Jakarta itu menolak omnibus law Rencana Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja yang dinilai merugikan buruh.

Buruh yang memakai baju warna merah dan membawa atribut itu berkumpul menyuarakan tuntutan mereka menyusul disahkannya RUU Cipta Kerja pada Senin (5/10/2020) kemarin.

DPR Sahkan RUU Cipta Kerja, Ini Pengalihan Lalin di Sekitar Senayan Antisipasi Aksi Buruh

Ketua Umum Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia, Salman mengatakan bahwa aksi unjuk rasa yang digelar kali ini diklaim diikuti oleh sekitar 200 orang buruh.

"Kurang lebih ada 68 organisasi yang ada di Gerakan Buruh Jakarta. Untuk di sini ada sekitar 200-an orang," kata Salman di lokasi.

Aksi demo di depan gerbang Pelabuhan Tanjung Priok tersebut merupakan pemanasan sebelum melakukan demo lanjutan pada Rabu (7/10/2020) dan Kamis (8/10/2020) mendatang.

MENOLAK Ikut Demo Buruh Tangerang Dikeroyok Hingga Bibirnya Pecah, Polisi Tetapkan Empat Tersangka

"Harapan kita, meskipun omnibus law sudah disahkan, ini akan tetap kita upayakan untuk perlawanan," kata Salman.

Usai berunjuk rasa, rombongan buruh bergerak menuju titik kumpul selanjutnya di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur untuk melanjutkan aksi serupa di depan Gedung DPR.

"Semakin besar gelombang buruh melawan, maka harapan besar kami, walaupun sudah disahkan, omnibus law tetap bisa dibatalkan," harapnya.

Sebelumnya, RUU Cipta Kerja telah disahkan Senin (5/10/2020) kemarin setelah sebelumnya pembahasan RUU telah diselesaikan DPR dan pemerintah pada Sabtu (3/10/2020) malam.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved