Breaking News:

Bencana banjir

Banjir di Kawasan Bidaracina Berangsur Surut, Warga Mulai Meninggalkan Posko Pengungsian

Warga RW 11 Bidaracina yang terdampak banjir akibat luapan Kali Ciliwung ada delapan kepala keluarga (KK) atau 20 jiwa.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Permukiman warga di Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur terendam banjir, Senin (5/10/2020) karena hujan deras semalam. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Banjir yang menerjang kawasan Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur, berangsur surut. Melihat kondisi itu warga yang berada di wilayah RW 11 Kelurahan Bidaracina, mulai meninggalkan posko pengungsian.

Lurah Bidara Cina Dadang Yudi mengatakan warga yang terdampak banjir telah kembali ke rumahnya setelah sempat mengungsi di gedung Sasana Krida Karang Taruna (SKKT). Menurut Dadang, warga RW 11 Bidaracina yang terdampak banjir akibat luapan Kali Ciliwung ada delapan kepala keluarga (KK) atau 20 jiwa.

Polres Jakarta Barat Amankan Koper Berisi Sabu dan Ekstasi di Apartement Mewah

Dibutuhkan 31.157 Orang, Pendaftaran Anggota KPPS Kabupaten Karawang Dibuka Selama Satu Minggu

“Kawasan di Bidaracina yang terdampak banjir adalah RW 11 dan RW 07, tapi RW 07 nggak ada yang mengungsi,” ujarnya. Mereka yang mengungsi ke posko pengungsian karena ketinggian banjir mencapai lebih dari 1,5 meter dan air berangsur surut sekira pukul 08.00.

“Sekarang warga sudah bersih-bersih rumah karena banjir surut,” ungkap Dadang. Dadang menambahkan pemukiman warga yang terdampak banjir di wilayah RW 11 dan RW 07 Bidaracina dikarenakan berada dekat aliran Kali Ciliwung dan proyek sodetan yang terbengkalai.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Mohamad Insaf mengatakan ada 53 RT yang terendam banjir, Senin (5/10/2020), hingga pukul 09.00.

Ketinggian air bervariasi, seperti di 23 RT berkisar 10-30 sentimeter, di 26 RT berkisar 31-70 sentimeter, dan di empat RT berkisar 71-150 sentimeter,” kata Insaf, Senin (5/10/2020).

DPR RI Minta Kementan Dorong Petani Tingkatkan Penggunaan Pupuk Organik

Ini Alasan DKI Masukan Azas Kolaborasi dalam Raperda Penanggulangan Covid-19

Namun demikian Insaf tidak menjelaskan RT yang terdampak banjir berada di kelurahan mana saja. Begitupun juga apakah 53 RT yang kebanjiran imbas luapan Kali Ciliwung atau penyebab lain.

Insaf menyebut, permukiman warga yang berada di Jakarta Timur dilintasi sejumlah kali seperti di antaranya Kali Cipinang, Kali Sunter yang kerap meluap saat hujan rentan terdampak banjir. Hingga pukul 12.00 tercatat ada tiga posko pengungsian di DKI Jakarta yakni di Kelurahan Bidaracina, Jakarta Timur dan Cilandak Timur, Kelurahan Pejaten Timur,” ujarnya.

Hujan deras yang terjadi Minggu (4/10/2020) malam mengakibatkan permukiman di Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur terendam banjir.

Honda CBR250RR Hadirkan Varian Baru, Ini Detail, Warna, dan Harganya

Disdik Kota Depok Asah Kreativitas Guru Susun dan buat Soal Ujian Penilaian Tengah Semester

Seorang warga, Jhony (42) mengatakan banjir kali ini merupakan akibat Kali Ciliwung yang meluap akibat hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta. “Minggu (4/10/2020) jam 19.00 memang sudah dapat peringatan kalau Bendungan Katulampa Siaga 4,” kata Jhony, Senin (5/10/2020).

Jhony menceritakan sebelumnya ketinggian air yang merendam permukiman warga Kebon Pala mencapai ketinggian 2 meter. Banjir merendam RW 04 dan RW 05 Kampung Melayu. Khusus RW 04 Kampung Melayu meliputi RT 12, RT 13 yang permukimannya berdekatan dengan aliran Kali Ciliwung. Sementara RW 05 Kampung Melayu meliputi RT 11, RT 06, dan RT 10.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Agus Himawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved