Breaking News:

Advertorial

Kolagen Penting untuk Setiap Orang

Dengan bertambahnya usia, yang dimulai di umur 25 tahun, kolagen alami tubuh mengalami proses penurunan. Akibatnya, muncul banyak masalah kesehatan.

Istimewa
Kola Go, produk minuman serbuk yang mengandung kolagen halal dalam jumlah besar. Kolagen bermanfaat untuk membantu tubuh meningkatkan kepadatan tulang dengan cara meregenerasi tulang rawan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Apa itu kolagen? Collagen atau kolagen berasal dari bahasa Yunani “kolla” yang artinya lem. Dengan demikian, kolagen merupakan senyawa protein dengan fungsi sebagai pengikat pada jaringan dalam tubuh. 

Sehingga, kolagen itu banyak ditemui dalam jaringan ikat tubuh, diantaranya di kulit, tulang rawan, tendon, dan ligamen. Bahkan, sebagian besar protein tubuh kita berbentuk kolagen.

Di tubuh memang banyak sekali terdapat kolagen dan berdasarkan fungsinya ada 27 jenis. Dengan bertambahnya usia, yang dimulai di umur 25 tahun, kolagen alami tubuh mengalami proses penurunan.

Akibatnya, muncul banyak masalah kesehatan. Misalnya, terganggunya kesehatan tulang dan sendi, munculnya kerutan di wajah, serta mulai rontoknya rambut dan gigi. Berdasarkan sumbernya, jenis kolagen ada dua: sintetis dan alami. Kolagen sintetis ditemui dalam bentuk obat. Sedangkan yang alami ada pada sumber makanan organik, seperti buah, sayur, dan ikan.

Ada empat peran utama kolagen dalam tubuh, yaitu: (1) Menjaga kekuatan otot. Kolagen memiliki kandungan serat untuk menjaga kekuatan dan struktur otot yang dibutuhkan untuk beraktivitas sehari-hari.

Meida Sefira – Aktris ‘Ketika Cinta Bertasbih’ dengan Kola Go, produk minuman serbuk yang mengandung kolagen halal dalam jumlah besar. Kolagen bermanfaat untuk membantu tubuh meningkatkan kepadatan tulang dengan cara meregenerasi tulang rawan.
Meida Sefira – Aktris ‘Ketika Cinta Bertasbih’ dengan Kola Go, produk minuman serbuk yang mengandung kolagen halal dalam jumlah besar. Kolagen bermanfaat untuk membantu tubuh meningkatkan kepadatan tulang dengan cara meregenerasi tulang rawan. (Istimewa)

(2) Mengatur peredaran darah dan kesehatan mata. Kolagen berfungsi membentuk dinding pembuluh darah, arteri dan kapiler untuk memberikan kekuatan pada dinding darah. Ia juga memiliki manfaat untuk menjaga sistem penglihatan dengan membentuk cakram optik untuk membuat penglihatan lebih normal.

(3)  Menjaga kekuatan tulang dan gigi. Menurut penelitian Food And Drug Administration, kolagen memiliki peran dalam proses regenerasi tulang rawan, yang mengandung 70 persen kolagen jaringan ikat, yang berada di dalam bagian artikular kartilago dan meniskus. 

Tulang rawan banyak terdapat pada sendi. Jika tulang rawan bermasalah, tentu sendi bermasalah. Karena itu, kekuatan tulang dan sendi sangat bergantung kepada kecukupan kolagen di dalamnya. 

(4) Menjaga kesehatan rambut dan kuku. Kolagen berfungsi untuk merangsang pertumbuhannya. 

Banyak produk berbasiskan kolagen ditawarkan. Namun, sekitar 80 persennya berasal dari luar negeri, dan banyak pula yang berbahan baku sintetis. Tentu kehalalan dan keamanannya untuk dikonsumsi jangka panjang diragukan. 

Berbeda dengan Kola Go. Ini adalah minuman yang mengandung kolagen halal dan alami. Selain kolagen, Kola Go juga mengandung whey, serbuk cokelat, mineral alga, dan fiber.

Kini, produk ini sudah bisa Anda dapatkan di apotek, toko obat, dan outlet lainnya di kota Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi IG @kolago.co.id dan FB @kesehatan sendi dan tulang. Kunjungi  juga website kami di Kolago.co.id. (*)

Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved