Berita Daerah

Relawan Siaga dan Relawan Indonesia Bantu Korban Banjir Bandang Sukabumi dan Kebakaran Cilincing

Menurut data yang dirilis BPBD Jawa Barat, sebanyak 44 unit rumah rusak ringan, 23 unit rumah rusak sedang, dan 49 unit rumah rusak berat.

Istimewa
Organisasi Kemanusiaan Relawan Siaga dan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 menyalurkan bantuan berupa bahan sembako dan kebutuhan lainnya untuk para korban banjir bandang di Cicurug, Sukabumi serta korban kebakaran di Cilincing, Jakarta, Sabtu (26/9/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Organisasi Kemanusiaan Relawan Siaga dan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 menyalurkan bantuannya berupa bahan sembako dan kebutuhan lainnya untuk para korban banjir bandang di Cicurug, Sukabumi, Sabtu (26/9/2020).

Banjir bandang yang melanda belasan desa di tiga kecamatan di Sukabumi, Jawa Barat, awal pekan lalu tersebut membuat sedikitnya 428 jiwa terdampak dan harus mengungsi di tempat aman.

Banjir bandang juga merenggut nyawa sedikitnya dua orang.

Menurut data yang dirilis BPBD Jawa Barat, sebanyak 44 unit rumah rusak ringan, 23 unit rumah rusak sedang, dan 49 unit rumah rusak berat.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Harian Relawan Siaga Mayjend (Purn) Gadang Pambudi dan Sekjend Relawan Siaga HMBC Rikrik Rizkiyana di lokasi terdampak banjir di Kampung Cibuntu, Cicurug.

Sebanyak 200 paket bantuan diserahkan Relawan Siaga dan diterima oleh Anita, perwakilan dari BPBD setempat.

Gubernur Anies Pastikan Posko Pengungsi Korban Banjir Terapkan Protokol Kesehatan

Forkopimda DKI Jakarta Gelar Apel Kesiapan Tanggap Bencana Banjir di Mapolda Metro Jaya

Paling parah

Kampung Cibuntu adalah wilayah paling parah terdampak banjir.

Sedikitnya 116 KK terdampak banjir, dua orang meninggal dunia akibat terseret arus, 10 orang luka-luka, dan sebanyak 114 rumah rusak di kampung ini.

Dalam sambutannya, Gadang Pambudi mengatakan bahwa bantuan ini merupakan wujud perhatian dan kepedulian terhadap sesama.

“Semoga bantuan yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah,” jelasnya.

INI 20 Daerah dengan Kematian Akibat Covid-19 Tertinggi di Indonesia, Setiap Angka Adalah Nyawa

ASN Terpapar Virus Corona, Kantor Kelurahan Tanah Tinggi Ditutup Tiga Hari Guna Sterilisasi Covid-19

Gadang juga mengingatkan agar masyarakat yang berada di pengungsian tetap mengedepankan protokol kesehatan, yakni memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Memang agak sulit melaksanakan (protokol kesehatan) itu, terutama menjaga jarak. Tapi kita semua pasti bisa melakukannya demi keselamatan kita bersama,” tambah Gadang.

Selain Varian Anyar A53, Oppo A33 Meluncur di Indonesia, Harga Rp 2,3 Juta, Ini Spesifikasinya

Menengok Kamera Selfie Vivo V20 yang Punya Resolusi 44 MP, Ini Deretan Fitur Fotografi Andalannya

Sekretaris Jenderal Relawan Siaga, HMBC Rikrik Rizkiyana, juga menyampaikan pesan agar masyarakat yang sedang menghadapi musibah ini untuk bersabar.

Apalagi kondisi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi membuat segala sesuatu menjadi sedikit rumit.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved