Breaking News:

Pilkada Depok

Ditemani Babeh Idin, Pradi Supriatna Lihat Pengelolaan Sampah Hutan Kota Sangga Buana

Anehnya, di hutan tersebut terdapat pengolahaan sampah, namun bau sampahnya tak tercium. Bang Idin mengelola sampah tersebut dengan cara dibakar.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Wartakotalive.com/Dodi Hasanuddin
Calon Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, melihat pengelolaan sampah yang dilakukan Bang Idin di Hutan Kota Sangga Buana 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Pradi Supriatna takjub dengan Hutan Kota Sangga Buana yang dirintis oleh H Chaerudin, yang akrab disapa Babeh Idin.

Bagaimana tak takjub, berada di kawasan tersebut seolah-olah tak merasa berada di Kota Jakarta yang dikenal panas dan banyak hutan betonnya.

Di bantaran Kali Pesanggrahan tersebut terasa benar-benar di hutan. Sebab, banyak pohon-pohon langka yang besar dan tinggi.  Kemudian juga rumpunan pohon bambu menambah hutan kota tersebut sejuk, tenang, dan indah.

Ditambah lagi Kali Pesanggrahan yang bersih membuat betah berlama-lama di hutan kota yang berlokasi di Jalan Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan itu.

Anehnya, di hutan tersebut terdapat pengolahaan sampah, namun bau sampahnya tak tercium.

Bang Idin mengelola sampah tersebut dengan cara dibakar pada sebuah tungku besar dan tertutup atau dapat disebut incinerator.

Padahal setiap harinya alat incinerator tersebut membakar sampah dalam jumlah banyak. Sebab, setiap harinya datang 10 truk mengangkut sampah dari  dari Kali Pesanggrahan, Kali Krukut, dan Sungai Ciliwung.

Meski dibakar asapnya sedikit dan tak menyesakkan pernafasan. Sebab, asap tersebut telah direduksi oleh rumpunan pohon bambu yang tinggi menjulang.

"Metode pengolahan sampah ini tidak diakui oleh Wali Kota Depok saat ini, namun di Jerman diakui. Kenapa tidak bau dan asapnya tidak menyesakkan nafas, karena di hutan kota ini banyak tumbuh rumpunan pohon bambu," kata Babeh Idin, Senin (28/9/2020).

"Pohon bambu memiliki banyak fungsi. Pohon bambu mampu menyerap racun-racun di tanah. Begitu juga dengan daun-daunnya menyerap racun di udara," tambahnya.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved