Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Covid-19 Belum Reda di Indonesia, Begini Saran Praktisi Farmasi yang Bisa Dilakukan Masyarakat

Tidak hanya masker yang harus diperhatikan fungsinya, Wijaya Andre menyarankan masyarakat terus memperkuat imun tubuh sebagai penangkal Covid-19.

AFP Photo/Centers for Disease Control and Prevention/Alissa Eckert
Ilustrasi Covid-19. Satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 saat ini adalah, masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah berencana membuat masker label Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk menahan laju penyebaran Covid-19.

Masker yang banyak beredar di masyakarat saat ini disebutkan tidak efektif menangkal masuknya Covid-19.

Oleh karenanya muncul wacana pemerintah untuk membuat masker protektif dan dilabeli SNI.

UPDATE Kasus Covid-19 di Indonesia 26 September 2020: Pasien Positif 271.339 Orang, 199.403 Sembuh

Rektor IPB Ungkap Pentingnya Pasien Deklarasikan Diri Positif Covid-19, Awal Dapatkan Energi Positif

Masker protektif itu misalnya saja masker N95 yang memiliki kemampuan menyaring partikel yang terhirup hingga 95 persen.

"Masker scuba dianggap tidak efektif untuk menahan virus dan masker bukan untuk kesehatan," kata Wijaya Andre, praktisi farmasi di Jakarta, saat berbincang, Sabtu (26/9/2020) malam.

Saat itu Wijaya Andre berbincang bersama Alumni SMA Kolese de Britto Yogyakarta Angkatan 1998 yang sedang menggelar obrolan kesehatan tentang upaya pencegahan di tengah pandemi Covid-19.

Personil Satuan Lalulintas Polres Bogor mengimbau masyarakat lebih disiplin menggunakan masker dengan menempelkan stiker di kendaraan umum dan dinas yang melewati jalur Puncak dan Sukabumi, Sabtu (26/9/2020).
Personil Satuan Lalulintas Polres Bogor mengimbau masyarakat lebih disiplin menggunakan masker dengan menempelkan stiker di kendaraan umum dan dinas yang melewati jalur Puncak dan Sukabumi, Sabtu (26/9/2020). (Warta Kota/Hironimus Rama)

Menurut Wijaya Andre, masker kain justru disebutkannya lebih baik menangkal masuknya partikel kecil kedalam tubuh manusia daripada masker scuba.

Tidak hanya masker yang saat ini harus diperhatikan fungsinya, Wijaya Andre menyarankan supaya masyarakat terus memperkuat imun tubuh sebagai penangkal Covid-19.

Sejak Maret 2020, Covid-19 diketahui masih terus menyebar di Indonesia dan sampai saat ini belum reda.

Tips Rektor IPB Sembuh dari Covid-19: Hirup Uap Rebusan Minyak Kayu Putih Hingga Wajib Bahagia

Belum Ada Laporan Ibu Hamil Positif Covid-19 Bisa Menularkan ke Janin, Ini Penjelasannya

Wijaya Andre menyampaikan, saat ini ada 150 hingga 160 kandidat vaksin yang sedang di uji klinis sebagai penangkal Covid-19 di seluruh dunia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved