Breaking News:

Virus Corona

Belum Ada Laporan Ibu Hamil Positif Covid-19 Bisa Menularkan ke Janin, Ini Penjelasannya

Virus Covid-19 dipastikan tidak dapat menular pada janin yang sedang dikandung ibu hamil, mengapa demikian?

istimewa
ilustrasi - belum ada kasus janin di dalam ibu hamil bisa tertular virus Covid-19 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Tidak seperti penderita HIV/AIDS yang bisa menularkan virus dari ibu hamil ke janinnya, pada positif Covid 19 tidak demikian.

Potensi penularan Covid-19 dari ibu, bukan saat masih di dalam kandungan tapi bisa terjadi pada saat persalinan, dan menyusui.

"Covid-19 ini kan relatif masih baru. Sejauh belum ada laporan penularan dari ibu hamil ke janinnya. Tapi bisa saat persalinan itupun kasusnya kecil,"kata dr Reza Tigor Manurung, Sp.OG (K) saat bincang-bincang di Radio Kesehatan dengan topik Kehamilan Dengan Covid 19, Jumat (25/9/2020).

Tidak Bekerja dan Hanya Berada di Rumah Sejak Ada Covid-19, Ini yang Dilakukan Haruka Nakagawa

Dikira Bubur Bayi, Nenek Ini Suapin Cucunya Berusia 18 Bulan Pakai Hand Sanitizer Nyaris Celaka

Ia menjelaskan, secara prinsip, bila ada ibu yang positif Covid dan tidak ada komplikasi medis, proses kelahirannya bisa secara normal atau operasi caesar.

Tergantung kesiapan ibu, rumah sakit berikut APD (alat perlindungan diri), serta jadwal operasi.

Bagi pasien persalinan baik normal atau caesar tidak menjadi masalah asalkan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat dan pihak RS dapat mengurangi risiko penularan.

Namun beberapa penelitian menyebutkan adanya peningkatan kelahiran prematur terutama pada ibu hamil positif Covid dengan gejala yang berat.

FOLLOW US 

Misalnya pasien harus masuk ruang perawatan intesif (ICU). Biasanya dokter akan memutuskan janin segera dilahirkan saja untuk mengurangi beban sang ibu juga.

"Belum ada bukti bila Covid meningkatkan risiko keguguran. Sejauh ini juga tidak ada cacat bawaan pada bayi akibat positif Covid 19, namun virus ini masih relatif baru sehingga masih terus diteliti ," kata dokter dari RS Persahabatan.

Halaman
1234
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved