Breaking News:

Tol Trans Sumatera

Diresmikan Presiden Jokowi, Ini 6 Fakta Tol Pekanbaru-Dumai yang Dilengkapi 4 Terowongan Gajah

Terdapat empat terowongan (underpass) perlintasan gajah di sepanjang Tol Pekanbaru-Dumai sebagai bentuk harmonisasi infrastruktur dengan alam.

Editor: Fred Mahatma TIS
Dok. Hutama Karya
Underpass terowongan gajah (perlintasan gajah) Tol Pekanbaru-Dumai, bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. 

Tol Pekanbaru-Dumai merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera ( JTTS) sepanjang 2.878 kilometer yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama.

WARTAKOTALIVE.COM - Peresmian Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer dilakukan oleh Presiden Joko Widodo melalui teleconference di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/9/2020).

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Jokowi didampingi Wali Kota Dumai Zulkifli AS dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim. Saya resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai hari ini," tegas Jokowi.

Jokowi mengatakan, Tol Pekanbaru-Dumai dapat dioperasikan secara penuh dan dimanfaatkan untuk kegiatan produktif, baik masyarakat Riau maupun masyarakat yang melintasi Pulau Sumatera.

Tol Pekanbaru-Dumai merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera ( JTTS) sepanjang 2.878 kilometer yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama.

Pemerintah menugaskan PT Hutama Karya (Persero) melalui Peraturan Presiden (Perpres) nomor 100 Tahun 2014 yang kemudian diamandemen dengan Perpres Nomor 117 Tahun 2015 untuk membangun JTTS.

Terdapat 24 ruas yang akan dibangun dengan target penyelesaian dan operasional pada Tahun 2024 mendatang.

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Diresmikan Jokowi, Tol Pertama Bumi Serambi Mekkah Ini Gratis 1 Bulan

Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai lewat video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/9/2020).
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai lewat video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/9/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Persingkat waktu

Jokowi melanjutkan, kehadiran Tol Pekanbaru-Dumai akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi Riau dan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis maju, kawasan industri, dan perkebunan lainnya.

Tol tersebut dapat mempersingkat jarak tempuh Kota Pekanbaru-Dumai dari 200 kilometer jika melewati jalan nasional menjadi 131 kilometer saja.

Tahan Air dan Debu, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy S20 FE, Perbedaan dengan S20?

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved