Breaking News:

Virus corona

Bayer Indonesia Bantu 500 Ribu Petani Rentan Terdampak Pandemi Covid-19

saat ini menjaga ketahanan pangan memiliki peran yang sama pentingnya dengan meningkatkan kesehatan masyarakat

Editor: Bambang Putranto
Tribunnews.com
Sebanyak 500 ribu petani rentan terdampak pandemi Covid-19 di 44 kabupaten di 15 provinsi di Indonesia mendapat bantuan program Better Life Farming dari Bayer Indonesia 

Wartakotalive.com, Jakarta – Bertepatan Hari Tani Nasional, sebanyak 500 ribu petani rentan terdampak pandemi Covid-19 di 44 kabupaten di 15 provinsi di Indonesia mendapatkan dukungan program pemberdayaan melalui program Better Life Farming.

Program ini berupa paket lengkap perlindungan tanaman, pelatihan peningkatan keahlian pertanian, serta edukasi dan penyediaan alat kontrasepsi modern bagi petani perempuan senilai Rp 197 miliar yang disiapkan oleh Bayer Indonesia dan akan dijalankan selama 2 tahun mulai 2020-2021.

Total bantuan program senilai Rp197 miliar akan kami salurkan untuk turut mendukung peningkatan kualitas hidup para petani sehingga mereka bisa terus berkontribusi positif bagi industri pertanian Indonesia,” ungkap Direktur Bayer Indonesia, Mohan Babu, Jumat (25/9/2020).

Di program ini Bayer Indonesia melibatkan Mercy Corps Indonesia sebagai mitra strategis.

Menandai peluncuran program ini dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Presdir Bayer Indonesia, Angel Michael Evangelista, Direktur Bayer Indonesia, Mohan Babu, dan Direktur Eksekutif Mercy Corps Indonesia, Ade Soekadis, disaksikan langsung Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo.

“Pandemi Covid-19 berpotensi menimbulkan krisis pangan baik secara global maupun nasional. Artinya, saat ini menjaga ketahanan pangan memiliki peran yang sama pentingnya dengan meningkatkan kesehatan masyarakat," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dia menambahkan,petani memiliki peran besar dalam membantu memastikan ketersediaan bahan pangan dalam negeri.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif Bayer melalui program ‘Better Life Farming’, yang tak hanya membekali para petani dengan produk pertanian yang dibutuhkan, tetapi juga pembekalan keahlian dan kesehatan yang diharapkan mampu meningkatkan produktivitas pertanian Indonesia,” ujarnya.

Sektor pertanian berperan signifikan menjadi penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan-II 2020.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) , PDB pertanian tumbuh 16,24% pada triwulan-II 2020 (q-to-q). Bahkan, bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sektor ini tetap berkontribusi positif 2,19% (y-on-y).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved