Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Sejak Awal September 2020, Pemakaman Jenazah Infeksi Covid-19 Di TPU Jombang Melonjak

Kepala TPU Jombang, Tabroni mengatakan sejak memasuki bulan September 2020 pihaknya kerap memakamkan lebih dari satu jenazah per harinya.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Ahmad Sabran
WARTA KOTA/RIZKI AMANA
Prosesi pemakaman jenazah pasien Covid-19 di TPU Jombang, Ciputat, Kota Tangsel. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIPUTAT - Kasus kematian akibat infeksi covid-19 masih masif terjadi di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Hal itu didapat dari adanya lonjakan jumlah jenazah yang dimakamkan karena infeksi covid-19 di TPU Jombang, Ciputat sejak memasuki awal bulan September 2020.

Kepala TPU Jombang, Tabroni mengatakan sejak memasuki bulan September 2020 pihaknya kerap memakamkan lebih dari satu jenazah per harinya. 

"Per hari pemakaman lonjakan lumayan tinggi. Per hari bisa 4 sampai 5 pemakaman, kalau normalnya kemarin 1 atau 2 pemakaman. Ini seperti awal-awal covid-19," kata Tabroni saat ditemui di TPU Jombang, Ciputat, Tangsel, Rabu (23/9/2020).

Tabroni menuturkan jumlah jenazah kasus infeksi covid-19 pada Juli 2020 tercatat sebanyak 17 pemakaman.

Sementara pada bulan Agustus 2020, pemakaman covid-19 meningkat dengan jumlah sebanyak 39 pemakaman. 

"Di September sampai per hari ini kami sudah mencatat sebanyak 48 pemakaman jenazah covid-19," ujarnya. 

Pantauan Wartakotalive.com di lokasi, satu jenazah infeksi covid-19 di makamkan di TPU Jombang usai menjalani perawatan di rumah sakit (RS) rujukan di kawasan Kota Tangsel.

Adapun prosesi pemakaman berjalan sesuai dengan prosesdur protokol covid-19 dengan batasan jumlah orang yang mengikutinya.

Usai melangsungkan pemakaman, para petugas penggali makam, supir ambulans, serta dua orang dari keluarga almarhum melepaskan pakaian baju hazmat serta alat pelindung diri (APD) untuk segera disetrilkan dengan cara dibakar. 

Sementara para pengguna APD tersebut langsung disterilkan dengan cairan disinfektkan untuk mencegah penularan yang terjadi. (m23)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved