Pilkada Tangerang Selatan

Pelanggar Masa Tenang Tahapan Pilkada 2020 Kota Tangsel Bakal Mendapatkan Sanksi Pidana atau Denda

Aturan tersebut tertuang dalam Pasal 69 Undang-undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Pilkada.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota
Komisioner Bawaslu Kota Tangsel Divisi Hukum, Data, dan Informasi, Slamet Santosa. 

WARTAKOTALIVE.COM, SETU - Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan (KPU Kota Tangsel) resmi mengumumkan tiga pasangan calon (paslon) Pilkada 2020 Kota Tangsel.

Usai tahapan penetapan, para paslon Pilkada 2020 Kota Tangsel dilarang menggelar kegiatan sosialisasi selama tiga hari.

Komisioner Bawaslu Kota Tangsel Divisi Hukum, Data, dan Informasi, Slamet Santosa mengatakan masa tenang itu berlangsung sejak tanggal 23 hingga 25 September 2020.

"Setelah penetapan itu ada tiga hari masa kosong, atau belum adanya jadwal kampanye yang ditentukan dalam tahapan Pilkada. Artinya tiga hari itu ketika dilakukan pertemuan maupun istilahnya sosialisasi, itu terdapat pelanggaran di dalamnya," kata Slamet saat konferensi persnya di Gedung KPU Kota Tangsel, Setu, Rabu (23/9/2020).

KPU Tangsel Tetapkan Kandidat Pilkada Tangsel, Para Paslon Dilarang Sosialiasi Selama Tiga Hari

Slamet menuturkan aturan tersebut tertuang dalam Pasal 69 Undang-undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Pilkada.

Menurutnya bila ditemukannya kegiatan sosialisasi pada masa tersebeut, pihaknya dapat menjatuhkan sanksi kepada paslon yang bersangkutan.

Slamet menegaskan sanksi yang bakal dijatuhkan pihak Bawaslu berupa denda administrasi ataupun sanksi kurungan penjara.

Dilaporkan ke Polisi, Putra Chintami Atmanegara Tegaskan Tidak Pernah Aniaya Deanni Ivanda

"Yang diperbolehkan dalam Undang-Undang Pilkada Nomor 1 Tahun 2015 itu kalimatnya setiap orang yang dengan sengaja melakukan kampanye di luar jadwal atau waktu yang sudah ditetapkan oleh KPU Artinya PKPU tahapan, untuk masing-masing dicalon dipidana penjara paling singkat 15 hari atau paling lama 3 bulan dan atau denda paling sedikit Rp 100 ribu atau paling banyak Rp 1 juta rupiah," pungkasnya.

Diketahui, ketiga paslon yang ditetapkan menjadi kandidat Pilkada 2020 Kota Tangsel yakni, Muhamad - Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Siti Nur Azizah - Ruhamaben, dan Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan. 

KPU Tangsel tetapkan tiga paslon

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) resmi menetapkan tiga pasangan calon (paslon) yang akan bertarung di kontestasi Pilkada 2020 Kota Tangsel.

Usai penetapan tersebut, ketiga paslon Pilkada Tangsel dilarang melangsungkan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Kota Tangsel Divisi Hukum, Data, dan Informasi, Slamet Santosa dalam jumpa pers penetapan kandidat Pilkada Tangsel di Gedung KPU Kota Tangsel, Setu, Tangsel pada rabu (23/9/2020).

"Setelah penetapan itu ada tiga hari masa kosong, atau belum adanya jadwal kampanye yang ditentukan dalam tahapan Pilkada. Arrtinya tiga hari itu ketika dilakukan pertemuan maupun istilahnya sosialisasi, itu terdapat pelanggaran di dalamnya," kata Slamet pada Rabu (23/9/2020).

 Mendikbud Nadiem Makarim Tegaskan Tidak Ada Perubahan Kurikulum Nasional Sampai Tahun 2021

Slamet menuturkan aturan tiga hari masa tenang usai tahapan penetapan paslon tertuang dalam Pasal 69 Undang-undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Pilkada.

Menurutnya, para paslon dapat kembali melakukan sosialisasi atau kegiatan kampanye di tanggal 26 September 2020 nanti.

 Berkas Pencalonan Kandidat Pilkada Tangsel Tidak Lengkap, Ruhamaben Terancam Didiskualifikasi

"Tahapan kampanye dimulai tangga 26 sampai 5 hari sebelom pencoblosan. Artinya tiga hari ini diharapkan tidak melakukan pertemuan," ujar Slamet.

Diketahui, ketiga paslon yang telah ditetapkan untuk dapat bertarung di Pilkada 2020 Kota Tangsel yakni, Muhamad - Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Siti Nur Azizah - Ruhamaben, dan Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved