Breaking News:

Berita Jakarta

Pontjo Sutowo Yakini Dominasi Mafia Medis sudah Berlangsung Lama di Indonesia

Ia menduga disebabkan adanya praktik mafia dalam negeri yang berkolaborasi dengan industri raksasa medis di luar negeri mengendalikan industri farmasi

Istimewa
Ketua Aliansi Kebangsaan dan Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI), Pontjo Sutowo 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ketua Umum Aliansi Kebangsaan, Pontjo Sutowo, mengatakan, industri nasional di sektor kesehatan dan farmasi belum bisa tumbuh maksimal.

Ia menduga disebabkan adanya praktik mafia dalam negeri yang berkolaborasi dengan industri raksasa medis di luar negeri untuk mengendalikan industri farmasi di tanah air.

Pontjo menyakini dominasi mafia medis ini sudah berlangsung cukup lama.

Saat ini pun, ketika Indonesia menghadapi pandemi Covid-19, praktik mafia itu diduga masih berlangsung dalam pengadaan alat keseehatan dan obat-obatan, sebagaimana belakangan ini hangat menjadi perbincangan publik.

"Kesehatan nasional seringkali hanya berfungsi sebagai “penyalur” dari produsen luar negeri untuk alat kesehatan. Demikian juga dengan industri obat nasional yang bahan bakunya banyak dikendalikan oleh praktik mafia ini," kata Pontjo, Sabtu (19/9/2020).

FGD yang dimoderatori Mayjen TNI (Pur) I Dewa Putu Rai, ini diadakan Aliansi Kebangsaan, bersama Aliansi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Forum Rektor Indonesia (FRI), dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Menghadirkan nara sumber pakar Biologi Molekuler Prof. Herawati Sudoyo Supolo, Rektor Universitas YARSI Prof. Fasli Djalal, Staf Khusus Menteri Kesehatan Mayjen TNI (Pur) Dr Daniel Tjen, Ketua Industri Kesehatan BPP HIPMI DR dr I Gusti Nyoman Darmaputra, dan Dewan Pakar Aliansi Kebangsaan Yudi Latif.

Pontjo menambahkan bahwa ada dugaan praktik mafia ini adalah bagian dari mafia global di bidang medis, dan tidak mustahil adalah bagian dari perang G-IV.

Mafia global ini, dikenal dengan sebutan “medical industrial complex” yang diadopsi dari istilah “military-industrial complex” yang dapat berpengaruh pada kedaulatan negeri.

Menurut Ponco, untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang membelit industri alat kesehatan dan obat dalam negeri maka penguasaan inovasi teknologi dalam sektor kesehatan dan farmasi harus menjadi perhatian kita semua secara sungguh-sungguh.

Halaman
12
Penulis: Dodi Hasanuddin
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved