Breaking News:

Advertorial

Sempat Khawatirkan Biaya Perawatan Anak, Hendrik Merasa Beruntung Ikut Program JKN-KIS

Pria yang tinggal di Kampung Kemang, Kabupaten Bogor ini sempat menanyakan biaya pengobatan sang anak selama anaknya menjalani rawat inap.

Jamkesnews.com
Hendrik (28), salah satu peserta Program JKN-KIS, menunjukkan kartu JKN-KIS milinya. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG — Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tak henti-hentinya memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengakses pelayanan kesehatan.

Kemudahan yang selalu diberikan untuk peserta JKN-KIS menciptakan berbagai kesan yang positif bagi masyarakat yang mengakses kepesertaan JKN-KIS miliknya.

Hal tersebut juga dirasakan oleh Hendrik (28). Pria yang bekerja di salah satu perusahaan swasta ini mengaku bahwa dirinya pernah merasakan manfaat yang diberikan kepada anaknya yang sedang membutuhkan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Kala itu, sang anak mengalami gejala dehidrasi yang cukup parah, sehingga ia disarankan oleh dokter untuk menjalani menjalani rawat inap.

“Saya sudah pernah merasakan manfaat yang diberikan oleh Program JKN-KIS. Kala itu, anak saya mengalami gejala dehidrasi akut dan langsung saya bawa ke rumah sakit. Setelah dilakukan peeriksaan oleh dokter, akhirnya anak saya disarankan untuk menjalani rawat inap hingga kondisinya pulih kembali,” kata Hendrik, beberapa waktu lalu.

Pria yang tinggal di Kampung Kemang, Kabupaten Bogor ini sempat menanyakan biaya pengobatan sang anak selama anaknya menjalani rawat inap.

Dirinya sempat khawatir, karena jumlah yang dibutuhkan untuk membayar perawatan sang anaknya tidak sedikit.

Namun, beruntung bagi Hendrik yang telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Seluruh biaya perawatan dan pengobatan, sudah sepenuhnya ditanggung oleh Program JKN-KIS dan ia sudah tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan kembali.

“Saya sempat menanyakan jumlah biaya yang harus saya bayar jika saya tidak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, dan pihak rumah sakit menyebutkan kalau untuk membayar keseluruhan perawatan sang anak sejumlah Rp3.000.000 selama satu minggu. Namun karena saya sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, jadi saya sudah tidak perlu mengeluarkan biaya lagi karena semuanya sudah dibayarkan oleh Program JKN-KIS,” tambah Hendrik. 

Selain itu, dirinya merasa puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan melalui Program JKN-KIS tersebut.

Bapak 2 anak ini juga merasa sangat terbantu atas adanya aplikasi Mobile JKN untuk pengguna smartphone Android dan iOS. Hal tersebut dikarenakan memudahkan dirinya untuk melihat daftar tagihan.

Tidak hanya itu, ia merasakan kemudahan dalam pembayaran tagihan dengan adanya sistem autodebet. Ia berharap, kedepannya BPJS Kesehatan tetap dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatannya bagi para peserta Program JKN-KIS. (*)

Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved