Breaking News:

Fachrul Razi Khawatir di Pilkada Mendatang Semua Calon Lawan Kotak Kosong

Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi menyoroti peningkatan paslon tunggal dan melawan kotak kosong di Pilkada 2020.

Warta Kota/Gopis Simatupang
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Selatan bersama Polres Metro Jakarta Selatan menggelar acara sosialisasi dan simulasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017 di tanah lapang Jalan Praja 1, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (8/2/2017). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi menyoroti peningkatan pasangan calon (paslon) tunggal dalam Pilkada Serentak 2020.

Senator asal Aceh ini meminta semua pihak evaluasi sekaligus introspeksi meningkatnya calon tunggal di Pilkada 2020.

Fachrul khawatir, pada pilkada di tahun-tahun mendatang, semua paslon akan melawan kotak kosong jika dibiarkan begitu saja.

"Kalau ini terus dibiarkan lama-lama saya khawatir nanti di pilkada mendatang semua calon hanya melawan kotak kosong yang sudah disediakan dan ini tidak menjadi sesuatu yang sehat secara demokrasi," ujarnya dalam webinar bertajuk Politik Dinasti, Absennya Reformasi Partai Politik dan Dampak-dampaknya, Rabu (16/9/2020).

KPU sebelumnya membuka kembali pendaftaran calon selama tiga hari, yakni pada 11-13 September 2020.

Perpanjangan masa pendaftaran itu dilakukan di 28 kabupaten/kota yang hanya ada satu bakal paslon mendaftar pada 4-6 September.

Dengan bertambahnya tiga bakal paslon mendaftar di tiga kabupaten/kota itu, maka ada 25 kabupaten/kota yang berpotensi menggelar pilkada dengan calon tunggal.

Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra, sebanyak 25 bakal pasangan calon kepala daerah di kabupaten/kota kemungkinan besar akan bertarung dengan kotak kosong atau calon tunggal.

Anggota Polri Ditemukan Tewas Bersimbah Darah Tergeletak di Tepi Jalan di Pondok Ranggon

Dari data rekapitulasi, 25 pasangan calon tunggal tersebut merupakan calon yang maju lewat dukungan partai politik, tidak ada yang lewat jalur perorangan atau independen.

"Jumlah daerah yang terdapat calon tunggal sebanyak 25 kabupaten/kota. Selanjutnya rincian data tersebut dapat dilihat selengkapnya melalui laman infopemilu.kpu.go.id," kata Ilham.

Halaman
123
Editor: Ign Prayoga
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved