Breaking News:

Berita Bogor

Tingkatkan Pajak Kendaraan, Bapenda Jabar dan Pemkab Bogor Berdayakan BUMDes

Pemkab Bogor bersama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat menjalin kerja sama untuk meningkatkan pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor

Warta Kota/Hironimus Rama
Ki-ka: Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Hening Widiatmoko dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin menunjukkan dokumen kerja sama peningkatan pajak kendaraan bermotor di Ruang Serbaguna I Setda Kabupaten Bogor, Rabu (16/9/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat menjalin kerja sama untuk meningkatkan pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Penandatangan kerjasama ini dilakukan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Hening Widiatmoko  bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin di Ruang Serbaguna I Setda Kabupaten Bogor, Rabu (16/9/2020).

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko, mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk menyinergikan program intensifikasi dan ekstensifikasi pajak di wilayah Kabupaten Bogor.

"Potensi pajak kendaraan bermotor di Jawa Barat sangat besar. Ada 17 juta unit kendaraan bermotor di Jawa Barat, tapi hanya 11 juta unit yang rutin melapor tiap tahun. Itu pun tidak semua taat bayar pajak," kata Widiatmoko.

Sementara di Kabupaten Bogor, ada 1,6 juta unit kendaraan bermotor yang beredar. Potensi pajak dari kendaraan bermotor ini sangat besar jika bisa dimaksimalkan.

“Dengan potensi yang luar biasa besar, kami berharap pemangku kepentingan lainnya di Kabupaten Bogor bahu-membahu mendukung, menyukseskan berbagai inovasi layanan dan kreatifitas yang sudah ada serta program intensifikasi dan ekstensifikasi yang sudah disepakati bersama," ujarnya.

Berdayakan BUMDes
Kerja sama antara Bapenda Jabar dengan Pemkab Bogor untuk pembayaran PKB ini sebenarnya sudah berjalan selama ini.

Pemkab Bogor sudah membantu memfasilitasi adanya outlet pembayaran PKB di Parung dan Jonggol.

Rencananya outlet serupa juga akan hadir di Parungpanjang karena potensi pajak di kawasan ini cukup besar.

Bappenda Jabar dan Pemkab Bogor juga aka  memberdahakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di seluruh Kabupaten Bogor menjadi titik pembayaran PKB sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk membayar pajak.

Halaman
12
Penulis: Hironimus Rama
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved